Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an

Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel AGAMA, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an

Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an
Dalam membaca Al Qur'an kita perlu memperhatikan berbagai macam bacaan dan lafadz yang ada pada Al Qur'an. Karena bacaan yang ada di Al Qur'an tersebut harus dibaca dengan baik sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan. Nah pada kesempatan ini, akan dibahas tentang bacaan sakta, diantaranya bagaimana cara membaca Saktah, surat apa saja yang didalamnya terdapat bacaan Saktah.

Pengertian Saktah

Pengertian saktah adalah berhenti sejenak tanpa bernafas sekitar dua harakat atau dua ketukan. Pada saat kita membaca Al Qur'an pada ayat tertentu yang mana ayat tersebut merupakan terdapat bacaan Saktah, kita harus berhenti sejenak dan menahan nafas selama kurang lebih dua ketukan.

Contoh Bacaan Saktah di dalam Al Qur'an

Ada juga contoh bacaan Saktah dalam Al Qur'an, ada 4 :

1. Surat al-Kahfi ayat 1 dan 2:  ۥ عِوَجَاۜ  قَيِّمً۬ا

2. Surat Yasin ayat 52:  مِن مَّرۡقَدِنَاۜ‌ۗ هَـٰذَا 

3.Surat Al-Qiyamah ayat 27:  وَقِيلَ مَنۡۜ رَاقٍ۬ 

4. Surat Al-Muthaffifiin ayat 14: كَلَّا‌ۖ بَلۡۜ رَانَ

Cara membaca bacaan Saktah

Cara membaca bacaan Saktah sesuai dengan imam Asim riwayat Hafs adalah kita harus berhenti sejenak, sekitar dua rakata dan menahan nafas kita pada lafadz bacaan Saktah tersebut. Misalnya saya kasihkan contoh Saktah dalam surat Al Khfi ۥ عِوَجَاۜ  قَيِّمً۬ا. Cara membacanya kita harus berhenti pada huruf "ja" kalau disimulasikan seperti ini    قَيِّمً۬ا  (berhenti dua ketukan)  عِوَجَاۜ.

Setelah kita mempelajari bacaan Saktah sekarang kita telah mengetahuinya, dan silahkan dipraktekan pada saat sahabat membaca Al Qur'an. Demikianlah postingan Belajar Membaca Bacaan Saktah Dalam Al Qur'an, semoga bermanfaat.


Sekian dulu untuk artikel Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Cara Membaca Saktah dalam Bacaan Al Qur'an dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2018/07/belajar-cara-membaca-saktah-dalam.html


EmoticonEmoticon