Test Masuk TNI dan Persiapan Yang Harus Kita Lakukan

Test Masuk TNI dan Persiapan Yang Harus Kita Lakukan - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Test Masuk TNI dan Persiapan Yang Harus Kita Lakukan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Test Masuk TNI dan Persiapan Yang Harus Kita Lakukan

Tahap-tahap tes TNI
Sebagai Berikut:
1.     TES ADMINISTRASI : YANG MENCAKUP IJAZAH & SKHUSD, SMP, SMA, KK, KTP ORTU, AKTE LAHIR, SKCK, PAS POTO 4X6, PRESTASI (SERTIFIKAT KEJUARAAN DLL)
2.    TES PARADE : MENCAKUP POSTUR BADAN,TINGGI BADAN,PENYAKT KULIT.
3.    TES KESEHATAN : MENCAKUP PARISES, THT, BUTA WARNA, TES MATA, AMBEYEN, TINGGI BADAN.
4.    TES JASMANI : LARI 6 PUTARAN DALAM 12 MENIT, PUS_AP 35 KALI, RESTOP 12 KALI, SET_UP 30 KALI, LARI ANGKA DELAPAN, RENANG ASAL SAMPAI, POSTUR TUBUH
5.     TES MENTAL IDEOLOGI : TES TULIS,TES WAWAN CARA,MEMBUATSURAT PENGANTAR KORAMIL DAN KODIM
6.     TES PSICHOLOGI : HITUNGAN KORAN,DAN HITUNGAN,PENGETAHUAN UMUM.
7.      TES KESEHATAN JIWA : PEMERIKSAAN KENCING,RONSEN,JANTUNG,DARAH.DLL
8.     PANTOHIR : PERENGKINGAN NILAI DARI TES PERTAMA SAMPAI KE ENAM.
9.     TES KESEHATAN,JASMANI,MENTAL IDEOLOGI,DAN PANTOHIR DI RINDAM UNTUK YANG BINTARA
Sebagai gambaran untuk nilai kegiatan jasmani tersebut adalah :
1.        Lari 12 menit     3507 meter         nilai 100
2.        Pull Ups            18 kali (1menit)    nilai 100
3.        Sit Ups              45 kali (1menit)    nilai 100
4.        Push Ups            43 kali (1menit)    nilai 100
5.        Sutle Run’s  6X10M (3x) 15″,9      nilai 100
6.        Renang 50 M    waktu 45″             nilai 100





Untuk tes tersebut biasa di sebut Tes Kesegaran Jasmani atau Tes Kesamaptaan Jasmani yang terdiri dari beberapa item yaitu :

1. Samapta A = Lari selama 12 menit mendapat berapa Meter (tes yang baru lari 3200 M dapat di tempuh berapa menit, yang ini mungkin hanya baru dilingkungan TNI AD saja yang melaksanakan ).
2. Samapta B = Terdiri dari Pull Ups, Sit Ups, Pus Ups dan Sutle Runs.
3. Berenang = Berenang jarak 50 M.
4. Postur Tubuh.
Semua nilai tersebut nantinya dilihat dari Tabel nilai tiap-tiap item, nah jika nanti saat tes kita mendapat sesuai nilai tersebut di atas alangkah senangnya, paling tidak kita mendekati perolehan angka nilai tersebut di atas.
1. Samapta A
Yaitu lari selama 12 menit / lari 3200 m. tips yang ini dari saya sudah pasti kita harus banyak latihan lari, kita nggak bisa lari di tempat ya…
Untuk tes nya nanti yang dinilai bukan hanya ketahanan lari lho, tapi juga kecepatan, kalau hanya ketahanan lari semua orang pasti bisa, ntar lari selama 12 menit cuma dapat 2000 meter atau lari 3200 meter bisa-bisa seharian, nanti kita bisa dapat nilai jeblok.
Cari tempat, bisa di lintasan lari, lapangan bola, di jalanan, atau apalah yang penting bisa untuk lari. Kalau dulu saya lari mengelilingi kampung saya sambil diteriaki “maling-maling” biar larinya cepat hehehe.
Lakukan minimal Seminggu 2 X waktu bisa pagi, siang, sore, pakaian kaos katun yang bisa nyerap keringat. Ada yang bilang pakai jas hujan yang biasa untuk naik motor bagus untuk lari, kenyataannya kata dokter pakaian itu tidak bagus buat kegiatan berolah raga, karena tidak menyerap keringat sehingga keringat tertahan di dalam baju sehingga suhu dari luar tidak bisa masuk ke tubuh kita akibatnya antara suhu luar dan suhu dalam ada perbedaan,  apa akibatnya… coba saja bila mesin mobil tidak ada air radiator/air radiatornya rusak apa yang terjadi… ok lanjut
Lakukan latihan bertingkat dan berlanjut, misal jika kita latihan lari panjangnya 3200 meter kalau lintasannya 320 meter berarti larinya 10 keliling, latihan awal dapat di capai selama 30 menit pertahankan, dan minggu depan tingkatkan menjadi 29 menit, minggu depannya lagi 28 menit, minggu berikutnya lagi  27 menit dst.
Batas maksimal lari 3200 meter adalah 10 menit 57 detik dapat nilai 100. Jangan lupa pakai Stop Watch, kalau kamu dapat mencapai itu wow kamu hebat, tapi ingat kita latihan lari bukan ingin jadi atlit lari, perhatikan kondisi tubuh kamu, kalau sakit jangan dipaksa istirahat dulu, tujuan kita melatih otot kaki, jantung dan paru-paru.
Berdasarkan pengalaman jarang ada yang mampu melaksanakan samapta A mendapatkan nilai 100, kecuali orang tersebut memang sudah terbina dengan latihan yang lama dan panjang, jika kita serius dan rutin melaksanakan latihan, lari 3200 meter selama 13 menit insya alloh tercapai, syukur-syukur bisa sampai 12/11 menit kamu hebat niali 85 sudah di tangan.
Memang kalau dibayangkan kelihatannya mudah pada prakteknya coba saja sendiri, lebih bagus lagi kamu punya Instruktur atau ada teman kamu untuk  latihan bareng.
 2. Samapta B
Terdiri dari Pull ups, Sit Ups, Pus Ups dan Suttle Runs ( yang ini otomatis sudah di latih latihan di atas)
dari 4 kegiatan tersebut yang paling jadi masalah adalah Pul Ups, berat untuk bisa Pul Ups sampai 18 kali untuk dapat nilai 100 kecuali atlit senam kali ye, kalau Sit Ups dan Pus Ups pasti bisa dapat nilai 100..
Perhatian : Lakukan dengan benar artinya pada saat Pull Ups yang bergerak hanya tangan saja tidak anggota tubuh lain geol-geol seperti cacing kepanasan.
sebab nanti percuma pada saat tes sudah cape-cape nggak di hitung, dapet nilai jeblok.
3. Berenang
Kalau yang ini saya nggak bisa komentar banyak, kalau mau bisa berenang ya harus sering-sering main air alias pergi ke kali, danau atau kolam renang untuk latihan.
4. Postur Tubuh
Kalau yang ini berkaitan dengan tinggi badan dan berat badan kamu, jangan terlalu banyak makan ya biar nggak gemuk dan jangan jarang makan ya biar nggak kekurusan, makan yang normal saja, biasanya kalau kamu rajin berolah raga seperti latihan di atas kelebihan enegi kamu kepakai, tapi untuk yang jarang olah raga apalagi tidak sama sekali kelebihan energi kamu numpuk jadi lemak di tubuh kamu.
Agar kamu bisa kira-kira untuk berat badan ideal, antara tinggi badan dan berat badan saya kasih tahu rumusnya :
Berat ideal = (TB-100) x 90%    (TB=Tinggi Badan)
misal TB =167
Berat Ideal = (167-100)=67×90%
Berat Ideal = 60,3 kg

DAN BERIKUT INI ADALAH TIPS YANG BISA KALIAN LAKUKAN UNTUK PERSIAPAN
1. Kwalitas kesehatan:

·                     Lakukan segera general check up dirumah sakit militer terdekat yang membuka poliklinik untuk umum, untuk mengetahui antara lain: Tekanan darah ( ideal 120/80); Detik jantung ( ideal 60-90 permenit); HB darah ( ideal 14-16/gr); Gula darah normal; Kolesterol normal;hasil rontgen paru paru baik/normal; gigi sehat/tidak ada bolong; tidak menderita ambeien/wasir; tidak menderita varikokel; tidak menderita pembengkakan dipembuluh darah balik dibetis kaki;jantung sehat; mata normal;tidak buta warna..dll
·                     Lakukan penyembuhan atau perbaikan bila ada yang belum ideal oleh dokter militer…
2. Kemampuan fisik/kesamaptaan/fitness harus diatas rata rata kemampuan calon lain:
       * Tes jasmani
              - Lari 12 menit minimal 6 kali putaran stadion sepak bola(7x400m)
                 untuk lari,lebih baik anda kurangi minum.ini berfungsi untuk menghindari kembung/sakit perut.
              - Pull Up/Restok minimal 8x
                 lebih baik anda melakukan persiapan untuk melemaskan tangan anda.
              -  Set Up Minimal 30x
                 mungkin semua mengira set up itu mudah.tapi hati2,karna bisa menarik otot perut anda.
              - Push Up mininal 30x
                 tips untuk push up,atur pernafasan anda saat naik.kumudian keluarkan saat turun.
              - Sutteran/Sprint usahakan kurang dari 20 detik.
                 tips,kurangi kecepatan saat menuju putaran,dan jangan sampai salah putar yah.hehe.. 
3.Persiapan tes MI(mental idiologi) wawancara
           * Tes tertulis
                - yang terpenting hafalkan lagu indonesia raya. pancasila dan sejarah indonesia.
                - alangkah baiknya menghafal isi yang anda tulis tulis saat tes.karna berguna untuk tes wawancara
           * Tes wancara.
                - siapkan mental anda.
                - jangan grogi
                - hafal lagu indonesia raya,pancasila,dll
                - percaya diri, dan yang terahir
                - jangan gugup yah :D 

4. Kondisi kejiwaan untuk menghadapi psikhotest 

·                     Perkokoh niat ingin menjadi prajiurit pejuang yang profesional, yang bersedia mengorbankan jiwa dan raga untuk kepentingan bangsa dan negara..tanamkan terus menerus dalam hati bahwa anda siap mati untuk kepentingan bangsa..bahwa setelah cinta Allah, cinta anda yang kedua adalah bukan pacar, bukan orang tua, bukan siapapun, tapi kejayaan bangsa dan negara…tanamkan ini terus menerus sampai betul betul merasuk dalam hati sanubari dan alam bawah sadar anda…
·                     Lepaskan berbagai masalah dan kepentingan pribadi yang selalu membelenggu anda selama ini, masalah dengan pacar, dengan teman, dengan orang tua atau dengan siapapun, harus dilupakan dulu…biarkan jiwa anda lepas bebas memenuhi impian dan jati diri anda yang sejati…yang ingin mengabdi kepada Allah SWT melalui kehidupan militer..
·                     Baca sejarah perjuangan para pahlawan seperti Jendral Sudirman dll, agar merasuk kedalam kalbu semangat perjuangan mereka…
·                     Lakukan latihan gambar pohon, gambar orang dan gabungannya, orang, pohon dan rumah  yang harmonis 
·                     Pelajari dan sugestikan prinsip “Do the best, God takes the rest..”

5. kemungkinan peluang lulus ujian/saringan hanyalah 1% saja.., artinya anda harus menyingkirkan 100 orang pelamar lkainnya, artinya anda harus memiliki keunggulan kompetitive yang sangat tinggi, bukan asal pas pasan saja…
Selanjutnya anda jangan terpengaruh oleh budaya KKN yang mungkin ditawarkan kepada anda atau mendengar dari orang lain, lalu anda goyah dan tidak fokus…
Abaikan kelakuan buruk mereka, jangan terpengarug dan ikut ikutan…siapapun yang berbuat jahat/licik/suap/KKN dll, pasti akan mendapat hukuman yang setimpal oleh Tuhan dibelakang hari…saya tahu pasti semua kejadiannya…ada yang celaka saat latihan, ada yang ditembak anak buahnya pada saat tugas tempur, ada yang dipecat dari militer dll…
Yakinlah peribahasa: “Tangan mencencang bahu memikul.”..”Siapa menebar angin akan menuai badai.”..Semua akan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan…Sayang sekali kalau anda sudah susah payah melakukan persiapan, lalu ikut ikutan KKN, nanti dikemudian hari setelah bertugas sebagai perwira, anda dimintai pertanggungan jawab oleh Tuhan…Makanya banyak perwira TNI dan keluarganya yang terlibat berbagai aib yang memalukan dikemudian hari, inilah balasan Tuhan….
.



Sekian dulu untuk artikel Test Masuk TNI dan Persiapan Yang Harus Kita Lakukan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Test Masuk TNI dan Persiapan Yang Harus Kita Lakukan dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2018/05/test-masuk-tni-dan-persiapan-yang-harus.html


EmoticonEmoticon