Contoh Soal TRYOUT B. Indonesia kelas 9

Contoh Soal TRYOUT B. Indonesia kelas 9 - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Soal TRYOUT B. Indonesia kelas 9, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Contoh Soal TRYOUT B. Indonesia kelas 9




PAKET 1
1. Bacalah kutipan teks berikut ini!
Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan
pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah
Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda) kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA
(Sekolah Dokter Bumi Putra) . Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut karena
sakit.
Makna kata yang bercetak miring  pada kutipan teks tersebut  adalah …

A. menyelesaikan
B. meluluskan
C. mengakhiri
D. meninggalkan

2.Bacalah teks berikut !
“Bakat itu adalah 1% ilham ditambah 99% kerja keras.” Ini adalah kata-kata yang diucapkan
oleh Thomas Alva Edison ketika orang-orang bertanya apakah dia merupakan orang yang
berbakat. Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah ....

A. bekerja sungguh-sungguh
B. bekerja karena kewajiban
C. bekerja dengan imbalan
D. bekerja tanpa istirahat

3. Berikut ini struktur teks deskripsi yang tepat adalah ....

A. Identifikasi, Deskripsi Bagian, Penutup
B. Deskripsi Bagian, Identifikasi, Penutup
C. Deskripsi Bagian, Identifikasi, Kesimpulan
D. Identifikasi, Deskripsi Bagian, Kesimpulan

4. Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi  menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu.Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan.Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.
Kata yang bergaris bawah pada penggalan teks di atas merupakan jenis kata…

A. Kata keterangan  waktu         
B. Kata keterangan tempat
C. Kata keterangan tujuan
D. Kata keterangan cara
   
5. Deras hujan agak berkurang. Sekitar rumah tempat Pak Sarman berteduh masih sangat sepi. Dia menengok ke dalam rumah itu, juga tampak sangat sepi. Tetapi anehnya, pintu rumah tidak dikunci, bahkan sedikit terbuka. Dia mengamati isi rumah itu. Tampak barang-barang berharga di situ. Ada pesawat TV yang cukup besar, jam dinding, tape recorder, dan yang paling menarik adalah arloji berwarna emas yang tergeletak di atas meja. Jam itu tentu harganya sangat mahal, pikirannya. Jam itu bagai membisikkan sesuatu ke telinganya.
Pak Salman pun ingat keluarganya yang bentar lagi kelaparan. Seandainya aku dapat menjualnya, tentu saat yang mengerikan itu dapat tertunda lebih lama lagi dan aku mempunyai peluang dan ongkos untuk melakukan pekerjaan lagi. …Tapi bagaimana nanti kalau ketahuan? Ia berpikir kembali. ―Ah, kenapa aku tiba-tiba ingin jadi maling? Betapa terkutuknya! (Cerpen: Balada sang Korban, Ahmadun Yosi Herfanda)

A. terkena makian dari orang lain
B. terkena sumpah serapah dari seseorang
C. perlakuan hina dari sesama manusia
D.    perbuatan yang celaka jika melakukan kesalahan kepada seseorang



6.   Bacalah teks fabel berikut ini dengan saksama !

Burung Hantu dan Belalang

Burung hantu selalu tidur di siang hari. Ia akan bangun setelah matahari terbenam, ketika cahaya merah memudar dari langit. Dia menggeliat dan berkedip dari lubang pohon tua. Sekarang dia berseru, “Hoo hoo hoo” bergema melalui kayu yang rimbun dan ia mulai berburu serangga.
Ia adalah seekor Burung Hantu Tua yang galak, terutama jika ada yang mengganggu saat ia tidur. Suatu sore musim panas yang hangat, saat ia tertidur jauh di dalam lubang pohon tua. Belalang di dekatnya mulai menyanyikan lagu gembira namun sangat menyesakkan telinga. Burung Hantu Tua itu menengok dari lubang pohon yang digunakan sebagai pintu dan jendela.
“Pergi dari sini, Tuan,” katanya kepada Belalang tersebut. “Apakah Anda tidak memiliki sopan santun?” lanjutnya. “Anda setidaknya harus menghormati usia saya dan membiarkan saya tidur dengan tenang!” lanjut Sang Burung Hantu Tua itu.
Akan tetapi, Belalang menjawab dengan kasar bahwa ia juga berhak berada di tempat ini. Lalu ia meneriakkan suara lebih keras dan lagu yang lebih berisik. Burung Hantu yang bijak tahu benar bahwa tak ada gunanya berdebat dengan Belalang keras kepala ini. Selain itu, matanya semakin rabun untuk  memungkinkan dirinya menghukum Belalang. Akhirnya,  dia melupakan semua kata keras dan kembali berbicara dengan sangat ramah kepada Belalang.
“Tuan Belalang yang baik hati, jika saya harus tetap terjaga, saya akan datang untuk menikmati nyanyian Anda. Namun, saat ini saya memiliki anggur lezat di sini, kiriman dari Olympus. Silakan datang dan rasakan minuman lezat ini bersama saya.” sanjung Burung Hantu Tua.
Belalang terhanyut oleh kata-kata sanjungan Burung Hantu Tua. Akhirnya, dia melompat ke sarang Burung Hantu Tua. Ketika Belalang cukup dekat dalam jangkauan penglihatan, Burung Hantu Tua itu menerkam dan memakannya.


Makna yang tersurat pada fabel tersebut adalah ...........
A. Burung hantu yang bijak berteman dengan belalang.
B. Belalang merasa senang dipuji dan memberikan minuman lezat kepada Burung Hantu Tua                   tersebut.
C. Belalang tertidur pulas mendengar sanjungan Burung Hantu Tua itu.
D. Burung Hantu Tua berhasil menerkam dan memakan Belalang.

7. Tiba-tiba langkahku terhenti di tempat yang banyak ditumbuhi pohon kamboja.  Tempat yang sepi yang berada di perbatasan desa.  Matahari sudah mulai beranjak ke barat. Tergerak hatiku untuk mengunjungi kakekku. Tanpa membawa apa-apa , aku langsung menuju ke sana. Aku duduk di sebelah batu yang bertuliskan nama kakekku. Karena aku tak membawa bunga , aku hanya membacakan doa untuk beliau.
Latar tempat dan waktu kutipan cerpen tersebut adalah .........

A. Di makam siang hari
B. Di makam dekat perbatasan desa siang hari
C. Di makam sore hari
D. Di makam dekat perbatasan desa sore hari

8.Bacalah teks berikut !
Memasuki...... Pantai Senggigi kita akan disambut  angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut    terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam.

Kata yang tepat untuk mengisi bagian teks yang rumpang pada teks deskripsi tersebut adalah ....
A. tepi
B. bibir
C. kawasan
D. daerah

9.Bacalah teks berikut!
(1) Pada zaman dahulu, tersebutlah kisah seorang puteri raja di Jawa barat bernama Dayang Sumbi. (2) Ia mempunyai seorang anak laki-laki diberi nama Sangkuriang. (3) Anak tersebut sangat gemar berburu. (4) Ia berburu ditemani oleh Tumang, anjing kesayangan istana.
Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat nomor…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Perhatikan kalimat berikut!
Kebutuhan gizi yang optimal dapat mendukung aktifitas anak selama satu hari penuh. Kata yang salah ejaannya pada kalimat tersebut adalah....

A. gizi
B. optimal
C. aktifitas
D. mendukung

11. Perhatikan kalimat berikut!
Sebelum mengikuti ujian, saya membeli alat-alat menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
Saya dapat menjawab soal-soal UN itu, karena saya belajar dengan rajin.
Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah lima puluh butir soal.
Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1,2, dan 3 termasuk soal yang mudah.
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

12. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Merokok di kalangan pelajar sudah menjadi perilaku yang sangat memprihatinkan. Perilaku ini disebabkan pengaruh lingkungan sekitar. Hampir sebagian perokok di Indonesia adalah kalangan pelajar, baik di tingkat SMP maupun SMA. Faktor prestise dan gaya-gayaan yang menjadi penyebabnya. Hal ini tentu  akan membawa dampak  buruk bagi kesehatan dan masa depan mereka. Oleh karena itu, perlu adanya antisipasi agar perilaku tersebut tidak menjadi kebiasan yang sulit dihilangkan.
Ide pokok paragraf di atas adalah....
A. Perokok di kalangan pelajar berdampak buruk bagi kesehatan.
B. Perilaku merokok yang sangat memprihatinkan di kalangan pelajar.
C. Perlunya antisipasi agar perilaku merokok pelajar yang sudah memprihatinkan tidak menjadi kebiasaan.
D. Perilaku merokok para pelajar akan merusak kesehatan dan masa

13. Cermati  penggalan  teks  berikut dengan seksama !
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga,yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik) yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti  manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. Unsur sosial budaya yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti tanah, air, iklim,udara,dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
Simpulan teks tersebut adalah...

A.Lingkungan hidup terdiri dari tiga macam unsur.
B.Tiga unsur itu adalah biotik,abiotik, dan unsur sosial.
C.Ketiga unsur lingkungan sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi.
D.Ketiga unsur tersebut harus bisa disinergikan dengan baik.

14. Bacalah kutipan teks di bawah ini!
Peran istri dan karier sering tidak berjalan harmonis. Ada orang yang berkeyakinan bahwa sepatutnya  istri berada di rumah dan mengurus keluarga. Mungkinkah keseimbangan antara peran menjadi ibu dan tetap mempertahankan karier tanpa mengesampingkan anak serta keluarga? Peran seorang wanita ketika memasuki jenjang perkawinan tampak menjadi begitu kompleks ketika berbagai kepentingan saling berbenturan. Pada saat seorang wanita dituntut menjadi ibu yang bertanggung jawab atas keberadaan anak dan utuhnya rumah tangga, disamping keinginan meraih kemajuan dalam berkarier, membuatbanyak wanita terperangkap pada dilema.
Simpulan pendapat pro teks tanggapan kritis di atas yang paling tepat adalah....
A. Saya setuju yang dikemukakan penulis sebaiknya istri berada di  rumah dan mengurus keluarga.
B. Pendapat penulis kurang tepat, istri sebaiknya berkarier agar ekonomi rumah tangga tercukupi.
C. Istri bebas berkarier sebagai wujud emansipasi wanita, resiko rumah tangga itu hal yang wajar.
D. Secara umum saya setuju, istri boleh berkarier dengan tetap bertanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dari separuh waktunya.

15. Cermati kutipan teks berikut dengan saksama!
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik) yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk social
Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk yang tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan la m sebagamya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi tak hsdup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur.
B. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial.
C. ketiga unsur lingkungan hidup tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan.
D. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik.

16. Bacalah kutipan cerpen  berikut!
“Nadia, minggu depan kita harus pindah ke Jayapura. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nadia yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nadia senang tinggal di sini. Apa Nadia tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nadia gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nadia terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dion yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dion.
Makna simbol petir di siang bolong pada kuitpan cerpen tersebut adalah....

A. Merasa sedih
B. Merasa bingung
C. sangat terkejut
D. merasa heran

17. Bacalah kutipan cerita tersebut…..
  Ayah mengamati aku dari atas ke bawah. Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku. Katanya,”Untuk apa bungaini,heh”. Aku tidak tahu karenaapa, talah mencintai bunga ditanganku ini. Ayah meraih, merenggutnya dari tanganku. Melihat tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak. “Laki-laki tidak perlu bunga ,Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.” Ayah melemparnya bunga itu. Aku menjerit, Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.

Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah……….
A. Ayah tidak ingin Buyung memiliki sifat lembut seperti perempuan.
B. Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga sepertidia.
C. Ayah tidak ingin jika bunga itu dipetik.
D.Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.

18. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
“ Jadi kita akan kuburkan di Simagara? Katanya pelan-pelan, setengah, ditujukan kepada dirinya sendiri, Soleha tidak bisa menjawab. Ia mau berfikir panjang. Ia mengatakanya, tapi ia segera ingat pada yang lain. Tapi, kita sudah menikahkan dia. Dan sekarang ia sudah jadi istri Sumarto. Apa yang akan dikatakan oleh Sumarto?” Pikirannya makin tidak enak kalua mengingat soal itu ia memang sudah keberatan ketika suami Soleha dipanggil orang dari kampong Sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantra kesehatan di sekitar itu memang tidak ada dokter. Suami Soleha sering diminta pertolongan. Namun, ia tahu betul Pak Murad ayah Murni. Murni sekarang menjanda karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mencintai dengan Murni ketika masih bijang dan gadis. Mereka tak dapat melaksanakan niat hatinya sebab Murni dipaksa menikah.
Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah...

A.Soleha perang batin sewaktu mau dengan Sumarto
B.Pak Sumarto kebingungan sewaktu mau bicara dengan Soleha
C.Soleha tidak rela menguburkan jenazah anaknya di Simargara
D.Suami Soleha dan Soleha perang mulut mengenai penguburan jenazah

19. Bacalah kalimat-kalimat berikut !
Akhirnya semua penghuni sekolah mau bekerja sama dan mematuhi aturan yang dibuat oleh OSIS SMP Nusantara.
OSIS SMP Nusantara membuat peraturan bahwa semua ken-daraan guru, karyawan, dan tamu tidak boleh masuk lingkungan sekolah mulai pukul 06.00 sampai dengan
 pukul 16.00 khusus pada hari itu.
Dalam rangka memperingati Hari Bumi, OSIS SMP Nusantara
     mengadakan kegiatan tidak membolehkan kendaraan ber-
     motor memasuki lingkungan sekolah
Pada awalnya, banyak guru dan karyawan protes terhadap
aturan itu
OSIS menjanjikan bahwa kendaraan yang ditempatkan di luar sekolah akan dijaga oleh satpam.
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan padu adalah
A. 1,3,4,5,2       
B. 2,1,4,3,5
C. 3,2,4,5,1
D. 4,5,2,1,3

20. Ketika berkunjung  ke sebuah desa,kulihat sebuah sekolah ….atap bangunan terbuat dari rumbai daun,separuh dinding bagian bawah bangunan dari batu bata yang tidak berplester dan separuh lagi dari bambu.Tiap kelas pun tak berpintu. Di depan halaman depan,berdiri papan nama sekolah dan tiang dengan bendera yang berkibar.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf  tersebut adalah…
A. Meski lingkungannya tampak asri, tetapi keadaan sekolah itu memprihatinkan.
B. Lingkungannya tampak asri dan keadaan sekolah itu sangat menyenangkan.
C. Pada umumnya, sekolah di kota mempunyai bangunan dan fasilitas yang cukup memadai.
D. Tempat yang ideal untuk mengembangkan potensi seorang anak adalah sekolah.

21. Jenis penyakit pasien itu dapat diketahui setelah membaca hasil ... laboratorium kesehatan.
 
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. diagnosis
B. gejala
C. pemeriksaan
D. penelitian

22. Lengkapilah kalimat rumpang di bawah ini dengan kata yang tepat!
Sebagai pemain kita tidak boleh ... wasit.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....

A.Mengeksploitasi
B.Mengintervensi
C.Mengkolaborasi
D.Mengasosiasi 

23. Perhatikan kalimat berikut!
Siska bertanya, “Pernahkah kamu membaca novel Laskar Pelangi, To?’
Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat.......

A. Siska bertanya, “Pernahkan kamu membaca novel Laskar Pelangi, To ?”
B. Siska bertanya, “Pernahkah kamu membaca novel “Laskar Pelangi”, To ?
C. Siska bertanya, “Pernahkah kamu membaca novel Laskar Pelangi, To ?”
D. Siska bertanya, “pernahkah kamu membaca novel Laskar Pelangi, To ?”

24. Perhatikan kalimat berikut!

Ketika mentari mulai terlihat merangkak perlahan di ufuk timur Raodah nampak bergega
menuju kamar tidur anaknya.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
       A.Ketika mentari mulai terlihat merangkak perlahan, di ufuk timur Raodah
           nampak bergegas menuju kamar tidur anaknya.
       B.Ketika mentari mulai terlihat merangkak, perlahan di ufuk timur, Raodah
          nampak bergegas menuju kamar tidur anaknya.
      C.Ketika mentari mulai terlihat merangkak perlahan di ufuk timur, Raodah
          nampak bergegas menuju kamar tidur anaknya.
      D.Ketika mentari mulai terlihat merangkak perlahan di ufuk timur, Raodah
          nampak bergegas, menuju kamar tidur anaknya.

25. Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Kutipan Teks Berita 1
Kutipan Teks Berita 2
Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana yang sangat tinggi. Tingginya frekuensi banjir dan longsor, selain karena kerusakan lingkungan juga dipicu fenomena alam.
Hujan abu vulkanis telah reda. Warga disekitar rumah Gunung Kelud sudah kembali kerumah masing – masing. Mereka langsung membenahi rumah yang rusak.

Perbedaan penyajian ke 2 teks berita tersebut diawali dengan unsur ……

Kutipan Teks Berita 1
Kutipan Teks Berita 2
A. Bagaimana - Apa
B. Mengapa - Bagaimana
C. Siapa - Mengapa
D. Apa - Siapa

26. Cermati kedua teks berikut ini dengan saksama!
Teks 1
Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan menuangkan imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel merangkai ceritanya dengan mengembangkan imajinasi. Demikian juga seniman akan menggoreskan lukisan didahului dengan imajinasi kea rah yang sebenarnya. Dengan demikian imajinasi diperlukan dalam menciptakan sebuah karya.

Teks2
Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan kebebasan mengakses jaringan internet, kita dapat dengan mudah mengetahuin informasi di belahan dunia mana pun. Di samping menjadikannya media informasi , internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi social media.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 : dimulai dari pernyataan umum ke khusus               
Teks 2 : dimulai dari pernyataan khusus ke umum                   
B. Teks 1 : menggunakan urutan waktu       
     Teks 2 : menggunakan urutan tempat
C. Teks 1 : dimulai dari pernyataan khusus ke umum
     Teks 2 : dimulai dari pernyataan umum ke khusus
D. Teks 1 : menggunakan urutan tempat
     Teks 2 : menggunakan urutan waktu


27.  Judul Buku          : Jurnalistik Teori dan Praktik
Nama Pengrang    : Restuti
Penerbit                  : Prapanca Setia
Keunggulan            : Dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik
Kelemahan              : Selain kertas tipis, jilidan tidak kuat

Ulasan buku yang tepat berdasarkan data tersebut adalah....
A.  Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah perpaduan teori dan praktik, Hal-hal teoritis yang            dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik. Sayangnya, buku            ini selain tipis kertasnya, jilidannya tidak kuat.
B. Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah perpaduan teori dan praktik yang berguna                        mengukur  berhasil atau tidaknya suatu praktik, sehingga bukunya laris terjual.
C. Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah perpaduan teori dan praktik. Hal-hal teoritis yang            dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik sehingga buku ini            banyak diminati pembaca.
D.  Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah perpaduan teori dan praktik. Hal-hal teoritis yang            dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil atau tidaknya seseorang dalam berusaha                    sehingga banyak diminati.

28. Cermati kedua teks biografi berikut ini dengan saksama!
Biografi 1
Setelah tamat SMA di Bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gelar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak.


Biografi 2
Abdoel Moeis adalah seorang pengarang zaman Balai Pustaka yang berasal dari daerah Minangkabau. Ia adalah seorang pejuang kebangsaan Indonesia yang sezaman dengan H.O.S Cokroaminoto dan Ki Hajar Dewantoro. Sebagai seorang perintis kemerdekaan, ia mulai terjun ke bidang politik sejak tahun 1920 sebagai anggota Indie Werbar, kemudian menjadi pemimpin Serikat Islam dan menjadi anggota volksread.
Perbedaan pola penyajian kedua teks biografi tersebut adalah ....

A. Biografi 1: kapan-apa-siapa               
Biografi 2: siapa-apa-kapan                   

B. Biografi 1:kapan-bagaimana-apa       
     Biografi    2: siapa-kapan-bagaimana         

C. Biografi 1: apa-siapa-mengapa
     Biografi 2: bagaimana-siapa-apa

D. Biografi1: bagaimana-mengapa-apa
     Biografi 2: siapa-mengapa-apa

29. Bacalah kutipan cerpen dan fabel berikut !
Kutipan cerpen
Deretan gedung pencakar langit tidak bergeser sedikitpun, orang-orang sibuk berlalu lalang mencari tujuan, juga suara klakson barisan kendaraan yang terdengar dari kejauhan semakin menambah penat suasana Kota ini. Setidaknya itu realita yang harus dihadapi Indra selama ini. Berbekal usaha dan kerja keras membuatnya terus bertahan hidup di Kota metropolitan ini. Sebab, Ia ingin menyelamatkan ibu dan adik-adiknya dari kesengsaraan akibat penghasilan keluarga yang semakin terpuruk.
Kutipan Fabel
Sang keledai mengumpulkan teman berburunya yaitu Anjing gunung dan Macan Tutul. Kini mereka pergi bersama-sama memasuki hutan lebat untuk berburu bersama, mereka menangkap hewan-hewan dengan kerjasama yang baik. Hewan apapun bisa mereka tangkap dengan mudah. Mereka berburu mulai dari pagi hari sampai dengan sore hari. Mereka berhasil mengumpulkan hewan-hewan tangkapannya kemudian membawanya ke tempat terbuka.
Pengembangan cerita pada kutipan cerpen dan fabel secara berurutan  adalah…

A. Diawali dengan konflik
     Diawali dengan pengenalan latar
B. Diawali penggambaran latar tempat
     Diawali dengan pengenalan tokoh
C.  Diawali perkenalan sifat tokoh
     Diawali penggambaran suasana
D. Diawali penggambaran suasana
     Diawali penggamabaran latar tempat


30. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!

Kutipan cerpen I
Ia tidak menjawab. Matanya melotot. Lantas membuang muka.ada bis kota datang. Bis tingkat. Dari jauh sudah kelihatan miring ke kiri. Perempuan itu seperti mau beranjak, tapi tidak jadi. Tingkat atas penuh penumpang. Di bawah apalagi. Penumpang sampai berdesak di tangga. Kedua pintu bis dipenuhi dengan orang-orang yang bergelantungan. Kernetnya berteriak menyerukan nama-nama tempat tujuan dengan lantang. Orang-orang menyelusup masuk saling berdesakan.
   
Kutiapan cerpen II
Aku tertawa. Roni tertawa. Roni bangkit, masuk ke dalam kamar, menyetel lagi lagu Slank keras-keras, menirukan suara Kaka,vokalis Slank. Roni berdiri dan berjoget, aku mengikutinya. Hujan membekap suara kami dengan deras air dan siur angin.
Perbedaan penggunaan bahasa pada cerpen 1 dan 2 secara berurutan adalah….   
                                                                               

A. menggunakan istilah
     menggunakan ungkapan
B. menggunakan istilah
     menggunakan majas
C. menggunakan ungkapan
     menggunakan majas
D. menggunakan majas
     menggunakan ungkapan


31. Bacalah kutipan fabel berikut!
Sebelum berangkat, kedua belibis berpesan agar selama dalam perjalanan kura-kura tidak boleh sekali pun melepaskan gigitan pada ranting tersebut. Kemudian terbanglah kedua belibis sambil membawa kura-kura. Di tengah perjalanan, orang-orang amat heran melihat pemandangan itu. Salah seorang dari mereka berkata, “Ha ha ha lucunya lihatlah seekor kua-kura yang lamban bisa terbang lengkap dengan rumahnya. Sungguh lucu si Ratu kura-kura itu.” Karena merasa diejek, kura-kura itu marah dan menyahut, “Memang aku ratu. Tutup  saja mulutmu yang lancang itu!” Tanpa sadar karena telah berbicara, mulut kura-kura itu terbuka. Kura-kura terlepas dari ranting pohon tersebut. Kura-kura terjatuh dari angkasa dan akhirnya menemui ajalnya.
Penggalan teks cerita  fabel  di atas  termasuk bagian struktur fabel ...

A. orientasi
B. komplikasi
C. resolosi
D. koda

32.Bacalah teks berikut!
Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja, khususnya siswa–siswi, karena pada cerita tersebut dikisahkan perjuangan yang begitu berat yang dialami oleh tokoh–tokoh Laskar Pelangi untuk bersekolah dan menuntut ilmu agar menjadi orang besar nantinya. Kelebihan novel ini, antara lain, berisi motivasi bagi para pembacanya. Isinya begitu menarik dan mengesankan, banyak amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya. Film Laskar Pelangi diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production dan digarap oleh sutradara Riri Riza.
Keunggulan novel Laskar Pelangi sesuai teks tersebut adalah...

A. tokoh-tokoh yang ada dalam cerita memiliki karakter yang bisa baik.
B. memberikan motivasi untuk selalu menjaga lingkungan hidup.
C. isi novel tersebut menarik dan bisa menjadi motivasi bagi para pembacanya
D. keunikan novel terletak pada banyaknya tokoh yang dihadirkan oleh pengarang,

33. Bacalah teks berikut!
        Tugas Sekolah
 Suatu sore, Budi dan  Iwan akan mengerjakan tugas kelompok  yang diberikan guru seni rupa. Tugas mereka adalah membuat patung dari bahan gips.
 Iwan: Bud, kita mulai saja membuat patung dari gips ini!
 Budi : Oke,  Wan,‖  Budi  mengiyakan.
           Apa  yang  harus  kita  lakukan,  Wan?
 Iwan: Menurut catatan, pertama, kita ambil gips secukupnya. Lalu, gips  itu  kita  campur  dengan                air  dan  aduk  sampai  rata.  Setelah  rata,  kita  masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan                yang sudah disediakan.
 Budi : Nah, cetakan sudah terisi adukan. Apalagi, Wan?
 Iwan: Selanjutnya,jemur  adukan  di  cetakan  itu  di  panas  matahari  sampai  keras
 Budi : Oke, Wan, ujar Budi sambil menjemur adukan ke tempat yang panas. Setelah beberapa jam,               adukan di cetakan itu pun keras. Sudah keras nih, Wan. Apalagi?
 Iwan: Angkat gibs dari cetakan! Pelan-pelan, ya, Bud!   Budi : Sudah  nih Wan.  Terus? 
 Iwan: Terakhir,  kita  dapat  menghias  patung gips ini sesuai selera!
 Budi :Wah,  indah  sekali  jadinya  patung  gips  ini

Teks prosedur yang tepat berdasarkan teks cerpen tersebut adalah...
A.  Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)  Ambilah gips secukupnya!
2)  Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3)  Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4)  Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5)  Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
6)  Hiaslah sesuai selera!

B.  Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)  Baca catatan petunjuk pembuatan!
2)  Ambilah gips secukupnya!
3)  Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
4)  Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
5)  Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
6)  Setelah keras, angkat gibs dari cetakan dan hiaslah sesuai selera!

C.  Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)  Ambilah gips secukupnya!
2)  Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3)  Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4)  Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5)  Amati adukan itu selama beberapa jam!
6)  Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
7)  Hiaslah sesuai selera!

D.  Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)  Ambilah gips secukupnya!
2)  Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3)  Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4)  Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5)  Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
6)  Hati-hati jangan sampai adukan pecah!
7)  Hiaslah sesuai selera!

34. Perhatikan data-data berikut!
Judul buku     : Membuat Gila Membaca, Bisakah?
Pengarang : Noor Karima
Tahun terbit : 2014
Keunggulan buku : Isi buku bermanfaat untuk menumbuhkan minat membaca.
Bahasa komunikatif
Kekurangan buku :           Tampilan sampul buku kurang menarik

 Paragraf resensi yang tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah…
Buku Membuat Gila Membaca, Bisakah? ditulis oleh Noor Karima. Buku yang diterbitkan tahun 2014 ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami. Sayang, sampul buku terkesan kurang komunikatif.
Buku Membuat Gila Membaca, Bisakah? ditulis oleh Noor Karima. Buku yang diterbitkan tahun 2014 ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami. Sayang, tampilan sampul buku terkesan kurang menarik.
Buku Membuat Gila Membaca, Bisakah? ditulis oleh Noor Karima. Buku yang diterbitkan tahun 2014 ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami. Sayang, isi dan dan tampilan sampulnya kurang menarik.
Buku Membuat Gila Membaca, Bisakah? ditulis oleh Noor Karima. Buku yang diterbitkan tahun 2014 ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami. Isi dan tampilan sampul buku terkesan sangat menarik.

35. Perhatikan kalimat berikut!
Kita harus dapat merubah kebiasan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan yang baik.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah.....

A.Mengubah
B.Merubahi
C.Berubah
D.Perubahan

36. Cermatilah teks biografi berikut!
Umar Wirahadikusumah adalah Wakil Presiden Indonesia keempat. Beliau menjabat dari tahun 1983 hingga 1988. Beliau lahir di Situraja, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 10 Oktober 1924 dari pasangan Raden Rangga Wirahadikusumah dan Raden Ratnaningrum. Sebagai wakil presiden, UmarWirahadikusumah menjadi salah satu pejabat yang mendukuno pemberantasan korupsi. Banyak rakyat-rakyat kecewa melihat dia tidak melanjutkan untuk masa jabatan sebagai wakil presiden.
Disadur dari: https://biografi-tokoh-ternama.blogspot co.id/2014/03/Biografi-Umar-Wirahadikusumah Wakil-Presiden-Indonesia-keempat.html, diunduh November 2015

Alasan kesalahan kalimat bercetak miring tersebut adalah ...
A. Kalimat tersebut tidak koheren dengan kalimat-kalimat sebelumnya.
B. Kalimat tersebut tidak logis seperti kalimat-kalimat sebelumnya.
C. Kalimat tersebut tidak menggunakan kata-kata efektif.
D. Kalimat tersebut tidak runtut dengar kalimat-kalimat sebelumnya.

37.Cermati kalimat berikut!
Pantai Senggigi terletakdi provinsi NusaTenggara Barat.
Perbaikan penggunaan huruf kapital dalam kalimat di atas adalah….

A. Pantai Senggigi terletakdi Provinsi nusa tenggara barat.
B. Pantai Senggigi terletakdi provinsi nusa tenggara Barat.
C. Pantai senggigi terletakdi provinsi NusaTenggara Barat.
D. Pantai Senggigi terletakdi Provinsi NusaTenggara Barat.

38. Tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat …
     A. Bobi mengenakan celana panjang yang di kalangan remaja dikenal dengan nama "Pencil".
     B. Apa yang harus kita lakukan untuk me-ngurangi pengangguran di kampung kita?" tanya Pak               Lurah kepada warganya".
    C. Saya sedang membaca "Menjaga Kesehatan Pribadi" dalam buku “Pola Hidup Sehat dalam                 Keluarga”.
    D. "Rumah siapa yang Saudara cari?" tanya bapak kepada seorang pemuda yang mondar-mandir             di depan rumah.

39. Perhatikan kalimat berikut !

Desa kami sering terkena luapan sungai Brantas.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena.....

A. huruf kapital seharusnya dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang
     digunakan sebagai penjelas nama jenis.
B. huruf kapital seharusnya tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang            digunakan sebagai penjelas nama jenis.
C. huruf kapital seharusnya dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang                     digunakan sebagai penjelas nama jenis.
D. huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti           nama diri geografi


Sekian dulu untuk artikel Contoh Soal TRYOUT B. Indonesia kelas 9 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal TRYOUT B. Indonesia kelas 9 dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2018/04/contoh-soal-tryout-b-indonesia-kelas-9.html


EmoticonEmoticon