Resensi Buku Salah Asuhan

Resensi Buku Salah Asuhan - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resensi Buku Salah Asuhan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel RESENSI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Resensi Buku Salah Asuhan



Judul Buku      : Salah Asuhan 
Pengarang       : Abdoel Moeis
Penerbit         : Balai Pustaka
Tahun Terbit     : 1928
Kota Penerbit    : Jakarta
Jumlah Halaman  : 262 lembar+vii


Hanafi di lahirkan di daerah Solok.Ia hidup dengan ibunya tanpa ayah.Dia bersekolah di HBS betawi dan dititipkan pada keluarga Belanda .Setelah dititipkan berilakunya berubah menjadi kebarat-baratan dan berteman dengan gadis Eropa bernama Corrie.Mereka berteman sangat dekat dan menggap hubungan mereka lebih serius seperti pacaran.Akhirnya Hanafi berani menyatakan perasaannya pada Corrie namun ditolak oleh Corrie secara halus.Corrie menolak cinta Hanafi karena ia tidak boleh menikah dengan orang Melayu.Akhirnya Hanafi sakit selama beberapa hari dan dirawat oleh ibunya.Hanafi dibujuk oleh ibunya untuk menikah dengan Rapiah yang seorang gadis Melayu.Akhirnya Hanafi pun setuju untuk menikah dengan Rapiah.
Sudah dua tahun pernikahan Hanafi dan Rapiah,mereka dikaruniai seorsng putra.Meskipun begitu rumah tangga mereka tidak harmonis.Perilaku Hanafi pun menjadi kasar kepada istri,anak,dan bahkan pada ibunya sendiri.Karena kesal dengan perilaku Hanafi ibunya menyumpahi anaknya sendiri.Tiba-tiba Hanafi digigit seekor anjing gila dan harus berobat ke Betawi.Di sana ia bertemu dengan Corrie.Kemudian ia mencari kerja di BB.Hanafi melamar Corrie dan ia pun menerimanya.Setelah menikah rumah tangganya tidak harmonis,Hanafi menuduh Corrie berzina.Akhirnya Corrie pergi ke Semarang untuk menghindar dari Hanafi.Setelah sampai di sana Corrie terkena penyakit kolera dan akhirnya meninggal.Hanafi pun memutuskan untuk kembali pulang menemui ibunya.Setelah beberapa hari disana ia menelan enam butir subliman.Ia pun jatuh sakit sampai muntah darah dan akhirny meninggal.

Buku ini menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang yang berubah perilakunya karena asuhan orang Belanda.Setelah menerima asuhan dari orang Belanda dan pengalaman rumah tangganya perilakunya menjadi kasar. Buku ini memiliki kekurangan dalm pengguanaan bahasa yang agak sulit dipahami karena banyak terdapat bahasa Melayu.








Sekian dulu untuk artikel Resensi Buku Salah Asuhan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resensi Buku Salah Asuhan dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2018/01/resensi-buku-salah-asuhan.html


EmoticonEmoticon