Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar

 Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup mudah untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak perlu membutuhkan tempat besar dan modal yang besar pula.
Pemeliharaannya cukup hanya menyediakan botol saja untuk tempat ikannya, dan juga beberapa peralatan yang lain, dengan begitu usaha rumahan ini sudah bisa berjalan.
 Salah satu kelebihan yang dimiliki ikan cupang adalah daya tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini sanggup hidup dan bertahan pada lingkungan air yang minim akan oksigen.
Nah, untuk langkah awal dalam memulai budidaya ikan cupang, yang harus dipersiapkan pertama adalah mendapatkan indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.
Indukan yang baik pastinya berasal dari keturunan unggul, baik itu dari sisi fisik, maupun kondisi karakteristiknya.
Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di tempat yang berbeda.
Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan ketika proses pemijahan ikan cupang berlangsung:
1.      Isi air bersih ke dalam tempat pemijahan ikan dengan tinggi 10-15 cm.
Untuk catatan tambahan, kamu bisa menggunakan air tanah, ataupun air sungai yang jernih supaya kualitasnya lebih maksimal.
1.      Lalu, endapkan terelebih dahulu air yang akan digunakan untuk pemijahan setidaknya selama satu malam penuh.
2.      Untuk pantangan, cobalah hindari penggunaan air dalam kemasan, ataupun air PAM yang berkaporit.
2.      Kemudian, masukkan ikan cupang jantan yang sudah siap untuk dikawinkan, dan biarkan ikan cupang tersebut kurang lebih selama satu hari di dalam wadah tersebut
.
3.      Setelah semua siap, baru bisa dilaksanakan perkawinannya.

3.      Waktu pemijahan ikan cupang, umumnya terjadi disekitar pukul 7-10 pagi, atau ketika menjelang sore hari, yakni pukul 4-6 sore.
4.      Perkawinan Ikan cupang biasanya cukup sensitif ketika sedang berlangsung, ada baiknya tutup wadah pemijahan menggunakan koran, atau kamu bisa juga meletakkannya di ruangan yang terhindar dari khalayak ramai orang-orang, ataupun suara yang bising.
5.      Kalau kamu jomblo, nggak papa kok kalau mau nonton, biasanya seru juga kok. 😀
4.      Setelah terjadi pembuahan pada indukan sang betina, kamu bisa mengangkat segera indukan si betina.
6.      Kenapa? Karena yang memiliki tanggung jawab menjaga dan membesarkan anakannya adalah si cupang jantan.
7.      Bagaimana kalau indukan yang betina tidak diangkat?
8.      Kalau indukan yang betina tidak diangkat, maka telur-telur yang telah dibuahi sebelumnya akan dimakan oleh sang betina. Kurang lebih selama satu hari, telur-telur tersebut akan menetas dan menjadi bibit.
9.      Dan selama 3 hari setelahnya, si bibit tidak perlu diberikan pakan, karena masih ada nutrisi-nutrisi yang terbawa ketika berada di dalam telur.
10.  Untuk ikan cupang yang jantan juga akan berpuasa selama menjaga bibit-bibit anakan.
11.  Selanjutnya, setelah 3 hari yang sudah terhitung sejak telur menetas, kamu bisa memberikan kutu air untuk pakannya.
12.  Indukan yang jantan, baru bisa diangkat setelah bibit anakan berumur 2 pekan terhitung sejak ketika bibit menetas.
13.  Setelah kurang lebih 1 1/2 bulan, ikan cupang sudah bisa dipilih dan dipisahkan ke dalam wadah pembesaran berdasarkan jenis kelaminnya.
14.  Pakan favorit yang biasa diberikan pada ikan cupang adalah kutu air, larva nyamuk, dan cacing sutera.
Pakan ikan cupang sebaiknya diberikan sesering mungkin, contohnya 3-4 X dalam satu hari, semakin sering frekuensi-nya, maka akan semakin baik pula dampaknya.




Sekian dulu untuk artikel Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang Baik dan Benar dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2018/01/cara-mudah-budidaya-ikan-cupang-yang.html


EmoticonEmoticon