Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (PIRAMIDA EKOLOGI & PRODUKTIVITAS EKOSISTEM)

Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (PIRAMIDA EKOLOGI & PRODUKTIVITAS EKOSISTEM) - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (PIRAMIDA EKOLOGI & PRODUKTIVITAS EKOSISTEM), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (PIRAMIDA EKOLOGI & PRODUKTIVITAS EKOSISTEM)

1. Piramida jumlah
Piramida jumlah menggambarkan jumlah organisme yang terdapat di dalam satu tingkat trofik.Semakin banyak jumlah organisme dalam satu tingkat trofik, maka semakin luas bangunan piramida yang terbentuk.
2. Piramida Biomassa
Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan total biomassa yang terdapat pada tiap tingkat trofik. Piramida ini menunjukkan berat suatu tingkat trofik dalam ukuran gram pada suatu waktu. Jika yang dihitung adalah berat organisme hidup, maka yang didapat adalah berat basah biomassa.
Baca Juga : Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (ENERGI DALAM EKOSISTEM)
3. Piramida Energi
Piramida energi menggambarkan produktivitas energi suatu tingkat trofik dalam ekosistem selama periode tertentu.Pada piramida energi setiap factor yang berhubungan dengan produktivitas energi dalam satu tingkat trofik selalu diperhitungkan. Misalnya, apabila jumlah energi yang dihitung adalah jumlah energi dalam periode satu tahun, maka perubahan cuaca dalam satu tahun tersebut juga diperhitungkan. Piramida energi memiliki tingkat keakuratan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan piramida jumlah dan piramida biomassa.
C. PRODUKTIVITAS EKOSISTEM
Energi yang masuk atau diserap suatu organisme tidak seluruhnya digunakan untuk aktivitas tetapi ada sebagian yang disimpan. Pemasukan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem terdiri dari produktivitas primer dan produktivitas sekunder.
1. Produktivitas Primer
Produktivitas primer adalah kecepatan organisme autotrof menyimpan dan mengubah energi cahaya matahari menjadi molekul organik. Seluruh energi atau bahan organik yang dihasilkan dari proses fotosintesis disebut dengan produktivitas primer kotor (PPK). Energi yang dihasilkan tersebut tidak seluruhnya disimpan dalam tubuh tumbuhan, sebagian digunakan dalam proses respirasi. Jumlah energi yang dihasilkan dari proses fotosintesis dikurangi dengan energi yang digunakan dalam aktivitas respirasi disebut produktivitas primer bersih (PPB)
2. Produktivitas Sekunder
Kecepatan organisme heterotrof mengubah dan menyimpan energi yang didapatkan dari makanan disebut PRODUKTIVITAS SEKUNDER


Sekian dulu untuk artikel Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (PIRAMIDA EKOLOGI & PRODUKTIVITAS EKOSISTEM) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar IPA kelas XII SMK/SMA Bab 2 (PIRAMIDA EKOLOGI & PRODUKTIVITAS EKOSISTEM) dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/12/belajar-ipa-kelas-xii-smksma-bab-2.html


EmoticonEmoticon