Langkah - Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar

Langkah - Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Langkah - Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BIN, Artikel RESENSI, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Langkah - Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar

Hai gaes... kali ini saya mau berbagi ilmu tentang Langkah-Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar 

Tugas kuliah bisa datang dari mana saja. Salah satunya dari hal yang paling dekat dengan seorang mahasiswa yaitu buku.

Biasanya dosen akan memberikan kepada mahasiswanya tugas berupa meresensi sebuah buku baik yang sudah ditentukan maupun bebas.

Apa itu resensi??

Baik, sebelum melangkah lebih jauh lagi pertama mari kita ketahui apa arti dari resensi.

Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni yang lain. Menulis resensi tidak hanya menuliskan informasi apa yang telah didapatkan dari buku melainkan harus memberikan penilaian berupa kelebihan dan kekurangan isi buku.


Sedangkan, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku.

Lalu, bagaimana cara kita meresensi buku dan apa saja yang harus ada didalam resensi kita, Mas?
Nah, jika kita sudah memahami definisi resensi. Langkah selanjutnya saya akan mejelaskan tentang unsur apa saja yang harus terdapat pada sebuah resensi.

Berikut adalah langkah-langkah dalam meresensi sebuah buku :


Pertama, Tentukan Buku yang akan Diresensi


Jadi sebelum membuat resensi kamu harus menentukan buku apa yang akan kamu resensi.

Kamu bisa memilih buku yang akan kamu resensi di perpustakaan yang ada di kampus mu, membeli di toko buku, mendownload buku secara digital, meminjam, atau cara lain sesuai kreativitas seorang mahasiswa.


Kedua, Baca Dahulu Bukunya

Inti dari meresensi adalah kamu harus mengulas isi dari buku seperti halnya review, jadi jika kamu saja belum membaca serta memahami isi dari buku tersebut lalu apa yang akan diulas? Jadi, sebisa mungkin baca bukunya terlebih dahulu.

Mas, bagaimana jika tidak sempat membaca karena bukunya tebel banget dan tugas resensi di kumpul besok, deadline nih?!

Tenang, jika kamu tidak memiliki waktu untuk membaca semua isi buku karena dosen hanya memberikan waktu sehari dalam menyelesaikan tugas. Kamu dapat membacanya secara sekilas atau sebagian bab yang kamu anggap itu adalah inti dari isi buku

Ketiga, Tulis Identitas Buku

Nah, kita sudah pada tahap pengerjaan resensi buku. Dalam meresensi yang pertama-tama kamu harus menulis identitas buku yang kamu resensi, seperti contoh di bawah ini:

Judul Buku :

Penulis :

Penerbit :

Tahun Terbit :

Cetakan :

Tebal Buku :

Harga Buku :

Keempat, Biografi Penulis

Tahap selanjutnya kamu harus menuliskan secara singkat biografi penulis buku tersebut agar pembaca juga mengetahui siapa penulis asli yang menulis buku tersebut.

Menulis biografi penulis jangan terlalu lengkap dan panjang melainkan cukup secara singkat dan dapat menjelaskan siapa sih penulis bukunya.

Kelima, Latar Belakang Buku

Pastikan kamu menulis latar belakang mengapa buku tersebut ditulis secara menarik dan jelas.

Bagian ini juga dapat dibuat secara singkat namun lengkap tidak perlu terlalu panjang sehingga nantinya membuat pembaca resensi mu menjadi bosan.


Keenam, Menulis Isi Buku


Nah, bagian ini mungkin sedikit agak sulit karena kamu harus memahami isi buku terlebih dahulu kemudian kamu ceritakan lagi isi buku tersebut dalam bentuk resensi.

Berikanlah sesuatu hal agar orang lain tertarik dalam membaca isi buku tersebut.


Jadi, nantinya orang yang akan membaca resensi mu menjadi berfikir "oh jadi begini ya isi bukunya, saya jadi tertarik untuk membacanya secara lengkap" atau "wah menarik juga ringkasan isi bukunya saya jadi ingin membeli bukunya".

Ketujuh, Kelebihan dan Kekurangan

Dalam meresensi unsur yang harus ada yaitu kelebihan dan kekurangan.

Kamu harus dapat mencari kelebihan dari buku tersebut dibandingkan dari buku-buku yang lainnya sehingga orang lain jadi tertarik dalam membaca buku tersebut.

Sebuah karya tidak akan berkembang jika tidak ada kritik dan saran.

Nah, ini juga tugas kamu mencari kekurangan dari buku yang kamu resensi sebagai kritik dan saran bagi penulis buku. Sehingga pada buku selanjutnya penulis buku tersebut dapat menciptakan sebuah karya yang lebih baik lagi dari sebelumnya.


Kedelapan, Kesimpulan

Kesimpulan disini adalah isi pokok dari sebuah buku, ungkapkan apa saja yang telah kamu peroleh dari buku tersebut. Pada bagian ini kamu juga
harus memberikan sebuah saran kepada orang lain agar membaca buku tersebut dan apa ruginya bila tidak membaca buku tersebut

Contoh resensi laskar pelangi



Sekian dari saya gaes. Semoga bermanfaat bagi kalian... jangan lupa klik iklan yak, biar kami jadi semangat buat upload ilmu ilmu lainnya. 


Sekian dulu untuk artikel Langkah - Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Langkah - Langkah Membuat Resensi Buku yang Baik dan Benar dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/11/hai-gaes.html


EmoticonEmoticon