Cara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot Samurai

Cara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot Samurai - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot Samurai, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Cara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot Samurai


Assalamualaikum Wr.Wb.
Ane mau berbagi pengalaman ane tentangCara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot kaleng nih om,
sangkin populernya biasanya orang nyebutnyangecat pake pylox. tapi ane ngecat bukan pake ni merk, melainkan cat yang jauh lebih bagus dari pendahulunya. Ngecat bisa di bilang udah jadi hobby ane ampe sekarang.
Langsung aje kite ke TKP

Motor ane awalnya begini om masih orisinil bawaan pabrik
sedhaaap, ane pikirin dan di persiapkan matang-matang biar jadi yahuuut pas ngecat nya.
yang paling pertama di persiapkan yakni Budget. Nah kebetulan ane Ngecat sendiri biayanya agak minim deh buat belicat doang..heheh 

Alat dan Bahan yg Kudu di persiapkan:
1. Cat Semprot
ane saranin pilih yg resinnya tinggi. kalo ane pake Merk Samurai dan Canbrush, ane udah cobain  merk cat semprot di kelas bawah, seperti RJ, Pylox, Diton, GP500 dll. Ada harga pasti ada kualitas Mahal dikit ga pape dah. haha
penting nih om kalo ngecat motor pake cat semprot biar hasilnya bagus dan maksimal kudu sama produknya, tidak boleh beda merk. misal;
Cat primer, plastic Primer, Putty(dempul semprot), Undercoat, Clear dll semua harus satu merk agar hasilnya bagus.  

2. Amplas
amplas 360, 800, 1000, 1200, 1500, 2000

3. Dempul
kalo ada yg coak atau gompal bisa di tambal dulu pake dempul plastic putty ane make merk Alfaglos atau yang tinggal semprot juga ada ane pake punya samurai putty primer

4. Compound + Polish + Wax
biar makin kinclong n licin heheh

Step by step

Step 1

Lepas body motor dari Kerangkanya

Step 2

Cuci semua body motor yang kotor dengan air dan sabun hingga bersih 

Step 3

(Pengamplasan Body Plastik ABS)

Amplas body motor dengan kondisi basah, lebig bagus pake sabun supaya lebih awet amplasnya, amplas pake no.360 hingga cat motor yang lama terkikis habis sampai terlihat dasar body plastiknya.
di lanjutkan dengan pengamplasan pake no.800 sampai rata semua, dilanjutkan dengan amplas no.1200 hingga benar-benar rata. 

kalo ada yg gompal agak dalam bisa di dempul dulu sebelum pengamplasan no.800 di terapkan. 
setelah di amplas cuci lagi dengan sabun hingga bersih dan di keringkan, lebih bagus pengeringkannya di bawah sinar matahari biar tidak ada air yang tersisa di body plastiknya.

(Pengamplasan Body Plastik PP)

Plastik PP biasanya ada pada spakbor belakang, dibelakang body biasanya ada tulisan timbul yg melambangkan bahwa plastik tersebut berbahan PP atau ABS.


bila body PP sudah pernah di Cat, bisa di hilangkan dengan Paint Remover ( Ingat hanya untuk plastik berbahan PP) tidak di anjurkan untuk plastik berbahan ABS dikarenakan Plastik ABS bisa lunak bila terkena Paint Remover.


MULAI PENGECATAN

Bersihkan debu yang menempel pada body yang tadi telah di amplas halus. Gunakan Plastik Primer(jika berbahan Plastik PP) di awal pengecatan agar merekat kuat pada cat di atasnya dan cat tidak mengelupas/Retak.
Bila berbahan Plastik ABS tidak perlu menggunakan cat PlastikPrimer. Gunakan cat dasar untuk awal pengecatan. Kalo ente mau warna cerah bisa pake undercoat(Lapisan dasar) putih/abu-abu.
siiip cat dasar selesai di aplikasikan jemur di bawah sinar matahari sekitar 10 menit.

udeeh kering, lanjuuut bila ada debu bersihkan dulu debu yang menempel pada cat dasarnya, selanjutnya pengecatan cat warna, semprot 3 lapis tipis-tipis, jemur lagi di bawah sinar matahari sekitar 10 menit.

udeeh kering, amplas lagi pake no.1500 bila ada kotoran yang nempel di cat warna, cuci keringkan lanjut cat warna sekali lagi dan jemur sekitar 5 menit.

udeeh kering, naik cat vernis(Clear) berguna untuk melindungi Cat dari sentuhan yang tidak diinginkan heheh. Semprot 3 lapis tipis-tipis, jemur dibawah sinar matahari sekitar 1/2 hari. 

Detailing

Bila vernis mengalami oksidasi atau hasil tidak sempurna, biasanya akan timbul bercak putih di dalam lapisan vernis dan kalo kita lihat lebih dekat itu akan terlihat seperti gelembung udara kecil-kecil yang mengendap di dalam lapisan vernis, Shungguuh kagak sedhaap di pandang mata dah.. haahaha

Solusinya di amplas pake no.1000 supaya gelembung udaranya terkikis dan rata dengan sekitarnya warna Vernis akan menjadi butek ini wajar dan ngamplasnya jgn terlalu di tekan, pake perasaan aja

lanjutkan dengan amplas pake no.2000 supaya vernis menjadi rata dan halus.

Kemudian oleskan compound diatas vernis yg telah di amplas halus ane beli goceng di toko Cat.
di gosok menggunakan kain halus/ kaos ente juga boleh pake tangan gosoknya dengan sedikit tenaga dengan gerakan memutar untuk dapetin hasil glossy compound ini sifatnya Abrasif(mengkikis) cat.



Lanjut pada pemolesan body yang telah di beri compound, poles pake merk apa aja yang penting ada bacaan Polish, polishing ini hanya untuk mengkilapkan saja dan ini bersifat abrasif pada cat.

tehnik molesnya sama kaya yang diatas. Polishini dapat menyebabkan vernis menjadi semakin tipis

Lanjut pada perlindungan body yang telah di poles dengan menggunakan WAX
lanjutkan dengan amplas pake no.2000 supaya vernis menjadi rata dan halus.

Lanjut pada perlindungan body yang telah di poles dengan menggunakan WAX.

 Wax sifatnya mengkilapkan sekaligus melindungi beda dengan polish yang bersifat abrasif. Wax boleh pake merk apa aja kalo ane pake merek zymol cleaner WAX. Agar hasilnya bagus gosoknya pake kain microfiber dengan gerakan memutar.

Nah gaes... sekarang motor kita udah siap buat bonceng gebetan. Kecuali yang masih single :v. Bentar lagi pasti banyak yang nempel setelah liat kuda besi kalian kinclong :)

Wax sifatnya mengkilapkan sekaligus melindungi beda dengan polish yang bersifat abrasif. Wax boleh pake merk apa aja kalo ane pake merek zymol cleaner WAX. Agar hasilnya bagus gosoknya pake kain microfiber dengan gerakan memutar.

Nah gaes... sekarang motor kita udah siap buat bonceng gebetan. Kecuali yang masih single :v. Bentar lagi pasti banyak yang nempel setelah liat kuda besi kalian kinclong :)


Sekian dulu untuk artikel Cara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot Samurai kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Ngecat Motor Dengan Cat Semprot Samurai dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/11/cara-ngecat-motor-dengan-cat-semprot.html


EmoticonEmoticon