Contoh Kata Pengantar, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Contoh Kata Pengantar, Pengertian, dan Cara Membuatnya - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Kata Pengantar, Pengertian, dan Cara Membuatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BIN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Contoh Kata Pengantar, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Contoh Kata Pengantar – Untuk kamu yang saat ini masih dalam masa pendidikan pastinya selalu ada tugas atau penelitian untuk membuat sebuah karya tulis, pastinya memerlukan contoh kata pengantar makalah atau laporan untuk karya tulis kamu. Banyak sekali jenis dari kata pengantar seperti kata pengantar proposal, kata pengantar laporan, kata pengatar makalah, kata pengantar skripsi, dan masih banyak lagi contoh kata pengantar lainnya.

Kata Pengantar Yang Harus Diperhatikan


Contoh kata pengantar, menjadi pembahasan kita pada artikel ini. Membuat sebuah kata pengantar suatu hal yang lumayan mudah, tetapi juga perlu berhati-hati. Kata lainnya sih, susah tapi gampang. Kata pengantar terdapat pada karya ilmiah seperti makalahskripsi, laporan, tesis, disertasi dan lain sebagainya.
Kata pengantar terletak berada di depan setelah halaman judul. Kata pengantar sebenarnya mudah bila anda sudah terbiasa membuatnya. Namun, bila masih pemula akan lebih mengalami kesulitan. Maka mempelajari tema ini perlu selayaknya dilakukan.
Walaupun banyak digunakan di berbagai karya tulis, ternyata masih terdapat pula sebagian orang yang merasa kesulitan dalam menulis kata pengantar. Hal inilah menginspirasi penulis membahas mengenai tema kata pengantar ini.
Posisi kata pengantar dalam sebuah karya tulis dibuat secara jelas. Berisikan rasa syukur dan berterimakasih karena telah menyelesaikan karya tulis yang juga karena berkat beberapa pihak yang berpartisipasi. Penyusunan kata pengantar sebaiknya dilakukan dengan baik karena pada bagian inilah pembaca memberikan kesan mereka terhadap karya yang dibuat oleh Penulis. Cangkupan pembahasan ini nanti berkaitan dengan kata pengantar, cara merangkai kata pengantar, dan contoh kata pengantar.

Pengertian Kata Pengantar

 Menurut KBBI kata pengantar itu adalah “pandangan dan paparan umum yang ditulis secara singkat dan jelas, berfungsi sebagai pendahuluan isi sebuah tulisan". Kata pengantar terdapat di awal sebuah karya tulis seperti skripsi, makalah, tesis, proposal, dan lain sabagainya. Kata pengantar berisikan ucapan syukur atas terselesaikannya sebuah karya dan ucapan terimakasih kepada pihak yang berkaitan.
Pembuatan kalimat kata pengantar jangan berbelit-belit karena akan menyusahkan pembaca. Maka kata pengantar harus dibuat dengan singkat, padat, jelas, dan menggunakan bahasa baku. Bila anda membuat kata pengantar dengan sebaik mungkin dengan informasi yang jelas, ini akan membuat kesan awal yang baik kepada pembaca.
Harapannya ke depan pembaca pun akan semakin bersemangat untuk membaca karya anda. Hal itu akan membuat karya anda lebih bermanfaat bagi orang lain dan tidak sia-sia. Kata pengantar jangan terlalu banyak ataupun sedikit, biasanya satu hingga dua halaman.
Kata pengantar terlalu sedikit dapat mengurangi esensi pada kata pengantar itu. Kata pengantar terlalu banyak juga membuat orang malas untuk membaca sapaan anda pada kata pengantar sehingga Pembaca tidak bersemangat membaca isinya. Jangan lupa dalam contoh kata pengantar cantumkan pula tempat tanggal dibuatnya karya tulis tersebut.

Fungsi Kata Pengantar

apa itu kata pengantar
Fungsi dari kata pengantar adlaah untuk mengantarkan sang pembaca ke dalam isi atau uraian yang ada di dalam sebuah karya ilmiah. Oleh sebab itu, kata pengantar tidak hanya berisi ucapan terimakasih saja kepada Tuhan dan orang lain yang membantu dalam menulis karya ilmiah kita dan permintaan maaf, atau kesalahan dan kelemhanan di dalam karya ilmiah itu sendiri.
Kata pengantar isinya gambaran secara umum mengenai bahasan yang ada di dalam karya ilmiah tersebut. Di dalam kata pengantar juga dimasukkan dengan uraian supaya sang pembaca memiliki minat untuk membaca karya ilmiahnya. Penulisan kata pengantar berada di halaman tersendiri, jadi tidak menyatu dengan bagian yang lainnya. Di akhir sebuah kata penganter dicantumkan tempat dan juga tanggal besertga nama yang menyusun.

Cara Membuat Kata Pengantar

cara membuat kata pengantar
thesweetsetup.com
Membuat contoh kata pengantar tidak terlalu sulit. Cukup mudah, tetapi perlu dipahami dengan teliti. Pembuatannya harus memperhatikan beberapa hal. Lebih detailnya anda bisa memperhatikan caranya sebagai berikut:
  1. Menulis “KATA PENGANTAR"
  2. Kalimat pujian kepada kepada Tuhan yang Maha Esa. Ungkapan rasa syukur kepada-Nya karena telah diberikan kemampuan untuk menyelesaikan karya dengan baik.
  3. Sampaikan gambaran dari karya tulis anda secara ringkas dan jelas, dengan beserta judul yang diambil. Perlu pula menuliskan tujuan dari karya tulis yang anda buat.
  4. Ucapkan terima kasih untuk berbagai pihak yang membantu proses pembuatan karya tulis. Seperti Rektor, Kajur, Dosen Pembimbing, keluarga yang mensuport, teman atau kerabat, sdan berbagai pihak lain yang berjasa perannya dalam pembuatan karya tulis.
  5. Harapan dari Penulis pada karya yang telah dihasilkan tersebut, contohnya harapan karya tulisnya itu dapat bermanfaat bagi kalayak pembaca.
  6. Meminta maaf kepada berbagai pihak apabila masih ada kekurangan dalam karya nya. Selain itu, perlu pula menuliskan untuk memberikan kritik dan saran dari pembaca.
  7. Kota dan tanggal dibuatnya karya tulis.

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

contoh kata pengantar yang baik dan benar
thebalance.com
Berikut ini adalah contoh-contoh kata pengantar beberpa karya tulis yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat kata pengantar untuk tugas:

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Ketika kita menyusun sebuah karya ilmiah seperti skripsi, diharuskan untuk membuat kata pengantar yang nantinya akan dijadikan untuk halaman pertaman di dalam skripsi. Kata pengantar dalam karya ilmiah apalagi skripsi wajib ada. Dalam membuat kata pengantar skripsi tidak harus panjang lebar, yang paling penting ialah kalimat atau paragraf yang kamu tulis adalah sebuah kata pengantar. Kemudian apa saja yang harus ada dalam kata pengantar skripis? Berikut ini contoh kata pengantar skripsi:

Kata Pengantar Skripsi
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat taufiq dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal Skripsi berjudul “REALISASI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KAJIAN PSIKOLOGI TRANSPERSONAL DAN TASAWUF MODERN (STUDY KASUS PENGURUS GERMUSA IAIN TULUNGAGUNG) ini dengan tepat pada waktunya, tanpa halangan suatu apapun.
Judul ini mengulas tentang penerapan kecerdasan spiritual dalam gerakan organisasi GERMUSA (Gerakan Komunitas Mahasiswa) yang mana berbasis theosentris-Antroposentris. Penulis melakukan wawancara dan observasi langsung pada pengurus organisasi ini, dan juga mengajinya dengan pendekatan Psikologi Transpersonal dan Tasawuf Modern Buya Hamka.
Tak lupa sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke jalan yang benar yakni Agama Islam. Sebagai rasa hormat atas bantuan dan bimbingan serta dorongan dari semua pihak, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ;
1. Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag selaku Rektor IAIN Tulungagung.
2. Ibu Khalimatus Sa’diyah, M.si selaku Kajur Tasawuf Psikoterapi
3. Bapak Prof Mujamil Selaku Dosen Pembimbing Lapangan
4. Semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.
Semoga Allah SWT senantiasa membalas segala budi kebaikan mereka dan selalu memberikan berkah-Nya. Semoga karya ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan bagi para akademis untuk mengembahkan suatu konsep keimuwan. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Kritik dan sarannya perlu penulis dapatkan demi membenai kekurangan yang ada.
Tulungagung, 7 Desember 2016
Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar dalam sebuah makalah adalah mukadimah, kata pengantar makalah yang baik adalah kata pengantar yang isinya mencakup dari keseluruhan makalahnya. Di dalam penulusan kata pengantar makalah umumnya berisi ucapan terimakasih. Berikut ini contoh kata pengantar makalah:
contoh kata pengantar makalah
www.bindrite.com
Kata Pengantar Makalah
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat taufiq dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengertian dan Sejarah Psikoneuroimologi" ini tepat pada waktu. Tak lupa sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita nanti-nanti syafaatnya di akhir masa. Amin ya robbal’alamin.
Sebagai rasa terimakasih atas bantuan dan bimbingan serta dorongan dari semua pihak, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag Selaku Rektor IAIN Tulungagung.
2. Ayu Imasria Wahyularmi M, Si Selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Psikoneuroimologi
3. Semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.
Semoga Allah SWT selau membalas segala kebaikan mereka dan selalu memberikan berkah-Nya. Kami sebagai manusia biasa menyadari bahwa penyusunan dari makalah ini msih belum sempurna dan pastinya ada kekurangan. Kesempurnaan hanya ada pada Alloh semata.
Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun kami harapkan demi kebaikan makalah ini kedepannya. Akhir kata, kami seluruh penyusun berharap agar makalah ini mampu memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi para pembaca dan di lingkungan akademis. Amin ya robbal’alamin.
Tulungagung, 28 April 2016
Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin

Ketika kalian ikut kegiatan Prakerin (Praktek Kerja Industri), kamu sama temanmu pastinya akan diberikan tugas untuk membuat laporan yang isinya dari kegiatan yang kamu kerjakan ketika waktu Prakerin. Dengan membuat laporan Prakerin kamu harus bisa memaparkan mengenai perusahaan dimana kamu praktek kerja. Bisa dibilang kamu harus bisa untuk memberikan penjelasan tentang bagian dari karyawan, tugasnya seperti apa, struktur oganisasinya bagaimana, waktu berserta tempatnya, dan lain-lain. Di bawah ini adalah contoh kata pengantar laporan prakerin:
contoh kata pengantar prakerin
en.academic.ru
Kata Pengantar Laporan
Dengan memanjatkan segala puja dan puji syukur Allah Subhaanahu wata’ala yang sudah memberi banyak sekali kenikmatan dan rahmat serta karunia-Nya yang atas izinnya lah kami bisa menyelesaikan laporan PRAKERIN (Praktek Kerja Instansi) ini dan juga bisa membuat laporan ini dengan baik agar bisa memenuhi syarta.
Laporan PRAKERIN ini bisa disusun dengan baik karena berkat dorongan dan bantuan dari pihak yang bersedia membimbing dan mendukung kami. Oleh karena itu, kami banyak mengucapkan terimakash kepada :
  1. Dewo Eki Nugraha, M.Pd selaku kepala sekolah SMK N 1 Jorjoran yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengerjakan PRAKERIN.
  2. Pembina Prakerin yang sudah mempersiapkan semua kebutuhan baik itu tempat, administrasi, dan memberikan pembekalan kepada kami semua.
  3. PT. Surya Karunia Jaya yang sudah memberi izin kepada kami untuk bisa magang dan bisa mengerjakan laporan PRAKERIN.
  4. Tito Karnoto, S.Pd selaku guru pembimbing kami dan juga pembimbing dalam menulis laporan PRAKERIN di SMK N 1 Jorjoran.
  5. Seluruh pihak yang sudah membantu secara tidak langsung atau pun langsung sehingga kami bisa menyelesaikan laporan praktek kerja instansi ini.
Kami sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan dan penulisan di dalam laporan ini. Oleh karena itu, kami menerima kritik dan saran agar kami bisa lebih baik lagi. Kami selaku penyusun berterimakasih kepada semua yang telah mendukung.
Jorjoran, Januari 2017
Penulis
Demikian artikel tentang “Contoh Kata Pengantar Yang Harus Diperhatikan" dapat Penulis sajikan. Pembahasan ini saya paparkan untuk membagikan secercik pengetahuan yang ada untuk dapat dijadikan sebagai salah satu sumber informasi. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan untuk seseorang yang sedang membutuhkan referensi mengenai tema ini. Penulis mengucapkan terimakasih.

Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata pengantar proposal adalah salah satu dari bagian penulisan karya ilmiah dimana isinya adalah prakata dari penulis yang berisi ucapan syukur pada Tuhan dan terimakasih kepada orang yang sudah membantunya dalam menulis proposalnya. Untuk membuat kata pengantar proposal yang baik dan benar, sebagian orang sepertinya gampang-gampang susah. Oleh karena itu berikut contoh kata pengantar proposal untuk dijadikan inspirasi:
contoh kata pengantar proposal
Kata Pengantar Proposal
Segala puja dan puji syukur hanya milik Allah Subhanahu wata’ala, atas nikmat yang Allah berikan kepada kita. Sholawat beserta salam semoga selalu tercuarh limpahkan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad Shalalahu alaihi wasalam, kepada keluarga, sahabat, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya hingga akhir zaman.
Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam proses pengembangannya memerlukan Studi Kelayakan Proyek (SKP) meskipun dalam skala yang kecil dan bisa dibilang sederhana. Hal ini diajukan dikarenakan untuk mengantisipasi terlanjurnya penanaman modal yang bisa merugikan.
Tujuan dari pembuatan proposal ini untuk memperoleh dana bantuan dari program kelompok usaha. Usaha akan didirikan di Kota Tasikmalaya tepatnya berada di daerah Cilembu Rt 12 Rw 11, Dusun Tanung Asem Kulon, Kecamatan Cisoyang. Dimana daerah ini sangatlah strategis sebab lokasinya berada dekat dengan Pasar Bumisari dan Kawali.
Usaha yang akan didirikan ini merupakan usaha yang baru di Tasikmalaya yang merupakan pengembangan dari usaha sebelumnya. Kami juga mengajukan proposal untuk tahu dari kelayakan produk yang akan kami jual.
Untuk bisa mengoperasikan usaha ini kami perlu dana yang terbilang lumayan besar yang nantinya akan dijadikan modal awal yakni kurang lebihnya sebesar Rp. 35.000.000. Oleh sebab itu kami sangat berharap memperoleh untuk modal usaha yang akan di jalankan ini.
Semoga dengan pemaparan di dalam proposal ini bisa memberikan gambaran kepada pihak yang berkompeten sebagai bahan untuk mempertimbangkan dalam pengembangan usaha.
Tasikmalaya, 2 Mei 2017
Kelompok Usaha Mitra Idaman

Contoh Kata Pengantar Buku

Kata pengantar dalam buku sangat penting sekali, melibatkan penulis atau tokoh-tokoh yang terkenal dan sudah berpengalaman sering dipakai oleh para penulis yang masih pemula. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak nilai dari si penulis itu sendiri. Berikut adalah contoh kata pengantar buku:
contoh kata pengantar buku
Kata Pengantar Buku
Puji beserta rasa syukur atas khadirat Allah ta’ala atas pemberian limpahan nikmat dan karunia-Nya sehingga buku panduan ini bisa diselesaikan. Buku panduan menulis thesis ini adalah pembaharuan dari edisi buku sebelumnya, buku ini ditujukan untuk pedoman dalam menulis thesis dan memberikan panduan yang praktis supaya mahasiswa bisa dapat gambaran dengan jelas ketika menulis thesis.
Terimakasih saya sampaikan kepada Prof. Dr. Maimun H. Triono dan Prof. Abdul Somad sebagai Ketua Program Studi FE Andalas beserta para jajarannya. Terimakasih juga disampaikan kepada Dr. Ratna Prima Sari, SE, MM untuk kontribusi dalam penyempurnaan buku ini. Terimakasih kepada Ardianto, SE, MM, Fajar Subana, SE, MM, Irwan Setiawan, SE, MM, Maman, M. Kom yang sudah berkontribusi di dalam editing dan semua staf MM FE Andalas dan seluruh pihak yang terkati dalam penyusunan buku ini.
Kami sangat sadar masih terdapat banyak kekurangan di dalam buku ini, oleh sebab itu kritik dan juga saran untuk menyempurnakan buku ini sangat kami harapkan. Semoga dengan adanya buku ini bisa memberikan banyak manfaat untuk mahasiswa FE Andalas pada khususnya dan semua pihak yang membutuhkannya.


Sekian dulu untuk artikel Contoh Kata Pengantar, Pengertian, dan Cara Membuatnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Kata Pengantar, Pengertian, dan Cara Membuatnya dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/10/contoh-kata-pengantar-pengertian-dan.html


EmoticonEmoticon