Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis

Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis

Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis

Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis

Borosnya baterai smartphone Android menjadi keluhan utama para pengguna smartphone di seluruh dunia. Untuk mengatasi masalah umum tersebut biasanya pengguna smartphone selalu membawa power bank agar smartphone Android kesayangannya dapat selalu aktif. Memang perangkat yang satu ini memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup sebuah smartphone.
Namun pada saat ini untuk membeli sebuat power bank Anda harus teliti dan berhati-hati. Pasalnya demi keuntungan yang besar banyak oknum yang memalsukan perangkat power bank dengan mengatas namakan merk ternama seperti Samsung untuk membuat power bank yang abal-abal yang menjanjikan kapasitas super besar. Padahal kapasitas penyimpanan daya tersebut tak seberapa.
Seperti halnya pengalaman kami pada saat membeli power bank yang bertuliskan kapasitas daya 20.000mAh. Namun power bank tersebut hanya dapat digunakan dua kali pengisian baterai smartphone yang memiliki kapasitas 2600mAh. Hal ini membuat kami kecewa, padahal harapan kami power bank tersebut mampu mengisi baterai smartphone hingga lebih dari lima kali.
Oleh karena itu, kami sadar untuk membeli power bank dengan kapasitas daya yang besar, tentunya harus merogoh kocek yang sedikit lebih dalam. Selain kapasitas daya kelebihan sebuah power bank adalah desainnya yang praktis dan dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Dari pengalaman tersebut akhirnya kami memiliki ide untuk membuat powerbank paling praktis dari baterai.
Hanya berbekal sebuat baterai bekas, kami dapat membuat power bank desain praktis dan simple yang mudah dibawa kemana saja. Untuk itu, buat Anda yang ingin memiliki power bank untuk menunjang masa aktif smartphone Anda, namun masih terkendala dana yang minim, mungkin Anda dapat mencoba Cara Membuat Powerbank Paling Praktis Dari Baterai yang akan kami ulas dibawah ini.

Bahan-bahan untuk Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai

  • Baterai laptop yang sudah tak terpakai atau mungkin dapat menggunakan baterai AA
  • Komponen Resistor 470 Ohm
  • Elco 470uf/16V dan 47uf/10V
  • IC LM7805
  • Kabel charger (bisa menggunakan bekas hp)
  • Konektor charger
  • Lampu LED
Setelah semua komponen diatas telah terkumpul, selanjutnya silahkan Anda melakukan perakitan seperti langkah-langkah dibawah ini.:

Langkah Merakit Komponen Untuk Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai

  • Rangkailah semua komponen yang telah disebutkan diatas tadi sesuai dengan skema dibawah ini. Anda dapat mengunakan solder untuk mengaitkan semua komponen tersebut.
Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis
  • IC LM7805 ini berfungsi untuk penyetabil dan penurun tegangan dari baterai yang nantinya akan diturunkan menjadi 5V
  • Setelah rangkaian diatas terpasang dengan benar, kemudian hubungkan kabel charger untuk di colokan ke ponsel. Untuk hal ini Anda dapat menggunakan konektor USB, supaya dapat digunakan untuk berbagai merk hp.
  • Setelah itu silahkan Anda hubungkan baterai pada rangkaian yang dibuat tadi.
  • Sebelum pemakaian pastikan bahwa tegangan baterai lebih dari 5V. Untuk memeriksanya Anda dapat menggunakan voltmeter.
  • Apabila tegangan baterai kurang dari 5V, Anda dapat merangkai 2 atau 3 baterai secara seri, agar tegangan baterai dapat bertambah. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini.
Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis
  • Namun apabila tegangan baterai tersebut sudah sedikit melebihi 5V, maka Anda dapat merangkainya secara pararel, agar energy yang dimiliki power bank dapat bertahan lama. Karena dengan menggunakan rangkaian pararel kapasitas daya akan bertambah, sementara tegangan masih tetap.
  • Bila Anda membuat power bank dengan menggunakan baterai laptop biasanya tegangannya hanya mencapai 4,5V. Sehingga meskipun dirakit secara pararel tidak masalah. Begitu pula bila Anda menggunakan baterai bekas Emergency.
  • Bila semua dirasa sudah selesai dan percobaan sudah dilakukan, saatnya Anda masukan rangkaian tersebut ke dalam box sesuai dengan ukuran rangkaian agar lebih praktis.
  • Setelah itu power bank siap digunakan. Selesai….
Dengan demikian maka usai sudah ulasan tentang Cara Membuat Powerbank Paling Praktis Dari Baterai yang bisa kami sampaikan. Semoga setelah menyimak informasi tips trik yang kami sampaikan, dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah berkunjung ke situs kami.


Sekian dulu untuk artikel Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Powerbank Sendiri Dari Baterai Paling Praktis dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/09/cara-membuat-powerbank-sendiri-dari.html


EmoticonEmoticon