SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS

SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel LATIHAN SOAL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS

Hasil gambar untuk SOAL DAN JAWABAN SKL SMP 2017

Selamat siang sobat InovStudy.. Apa Kabar?? Pada kesempatan kali ini saya akan share Artikel ttg SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS. Oke langsung aja simak artikelnya..

Soal 01
Bacalah paragraf berikut!
      Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah …
(A) dampak penyakit gigi pada kesehatan
(B) kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar
(C) sakit gigi berlubang dianggap hal sepele
(D) gigi susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek

Soal 02
Bacalah dua teks berikut!
Teks I.
      Dodo adalah anak lebah yang telah ditinggal mati ibunya. Ia memutuskan untuk mengembara hingga ia sampai di gurun pasir yang luas. Di tengah gurun itu, Dodo merasa haus dan lapar. Ia berpikir di mana dapat menemukan makanan.
         Dodo bersikeras untuk mendapatkan makanan. Ia terbang ke sana ke mari mengitari gurun pasir. Dan kejauhan, Dodo melihat air dan makanan. Namun, setelah didekati ternyata hanya hamparan pasir yang luas. Kemudian, Dodo terbang kembali sampai dia mendapatkan makanan.
Teks II.
        Di tembok rumah yang indah terdapat beberapa ekor cicak. Salah satunya si cicak buruk rupa. Ia tidak memiliki banyak teman. Cicak buruk rupa selalu diejek temannya dan mereka tidak ada yang mau berteman dengannya.
      Suatu malam, cicak buruk rupa bertemu dengan nyamuk. Si cicak menceritakan permasalahan yang dihadapinya pada nyamuk. Lalu, nyamuk menasihati cicak buruk rupa bahwa setiap makhluk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Perkataan nyamuk ini dapat membuat hati cicak menjadi tenang.
Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah …
(A) Teks I : Kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan
     Teks II: Kita tidak boleh mengejek teman
(B) Teks I : Kita harus selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu
     Teks II: Kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan
(C) Teks I : Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki
     Teks II: Kita tidak boleh menyerah pada nasib
(D) Teks I : Kita tidak boleh mementingkan diri sendiri
     Teks II: Kita harus menghibur teman yang mengalami kesusahan

Soal 03
Bacalah dua teks berikut!
      (1) Semua orang tua berharap agar anaknya menjadi orang sukses. (2) Kesuksesan bisa dilihat dari berbagai cara. (3) Salah satunya adalah pendidikan yang diperoleh anak di sekolah. (4) Banyak orang tua yang ingin anaknya masuk ke sekolah dengan kualitas yang baik (5) Dengan bersekolah yang berkualitas, orang tua memiliki anak yang dapat dibanggakan. (6) Selain itu dengan bersekolah yang berkualitas, anak-anak bisa menjadi pengusaha. (7) Dengan demikian, orangtua mempunyai peranan penting bagi anak untuk memperoleh pendidikan formal.
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut di tunjukkan oleh kalimat nomor ...
(A) (4)
(B) (5)
(C) (6)
(D) (7)

Soal 04
Bacalah teks berikut!
   (1) “Ma, perutku sakit sekali. Sebelah sini, Ma”. Aku menunjuk bagian lambung. (2) Mama tampak lebih khawatir lagi karena takut terjadi apa-apa padaku. Mama lalu mengajakku ke dokter. (3) “Tapi, Ma, hari ini, kan aku ada ulangan Bahasa Indonesia  jam pertama. (4) “Nanti, ulangan susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.
Kalimat yang membuktikan tokoh mama penyayang adalah …
(A) (4)
(B) (3)
(C) (2)
(D) (1) 

Soal 05
Bacalah teks berikut!
       Sudah dua tahun, Mbok Jah tidak berkunjung ke rumah mantan majikannya di kota. Meskipun sudah berhenti, Mbok Jah tetap memelihara hubungan baik dengan keluarga Mulyono. Dua puluh tahun telah dilewatinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di keluarga Mulyono. Buat orang yang sudah tua seperti Mbok Jah, apalah yang dikehendaki selain berteduh dan berkumpul dengan keluarganya. Namun, apalah dayanya. Anak semata wayangnya sudah tidak ingat dia lagi. Anaknya lebih sering tinggal di Surabaya dengan istri dan anaknya.
Tindakan terpuji tokoh yang terdapat dalam teks adalah ....
(A) Mbok Jah bekerja di keluarga Mulyono di desa
(B) Mbok Jah telah berkumpul dengan anak dan cucunya
(C) Mbok Jah ditinggalkan anaknya yang senang tinggal di Surabaya
(D) Mbok Jah tetap memelihara hubungan baik dengan mantan majikannya

Soal 06
Bacalah teks berikut!
   Dian dan Dani sedang terlibat perbincangan yang serius di kantin. Proposal kegiatan sosial kemarin disimpan siapa ya?” tanya Dani. Dian yang ditanya mengatakan tidak tahu. Mendengar jawaban itu, Dani semakin emosi. “Kamu kan sekretaris OSIS. ini kan tugasmu,” kata Dani dengan suara keras.
Watak tokoh Dian adalah …
(A) tak acuh
(B) peduli
(C) tegas
(D) sabar

Soal 07
Bacalah kutipan cerita anak berikut!
      Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja dan mengapa harus terus sebal kepada teman sendiri?
      Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.
Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah …
(A) bekerjalah dengan arif dan bijaksana!
(B) jangan iri pada orang lain yang sukses!
(C) berbuatlah kebaikan kepada siapa pun dan di mana pun!
(D) maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tidak merasa kesal!

Soal 08
Bacalah kutipan cerita berikut!
        “Maaf, Bu!” pintaku santun kepada Bu Laras, “Saya mengantuk Bu.”
       “Tidak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk Sab!”
     Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal pada diriku sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku. “Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja mengantuk.” Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.
Konflik kutipan novel tersebut adalah …
(A) permintaan maaf Sab kepada Bu Laras
(B) Bu Laras mempersilahkan Sab mencuci muka
(C) Sab kesal ditertawakan seisi kelas
(D) Bu Laras menghibur Sab yang kesal

Soal 09
Bacalah teks berikut!
      Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering Ia meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondarmandir saja. “Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?”
       Si Kura-kura bersiaga mengambil ancang-ancang di tempat tinggi. Ia lalu menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir tiba di dekat tubuh si Rusa, ia pun menaikkan tubuhnya hingga tubuhnya melayang. Si Kura-kura mengincar hidung si Rusa. Begitu kerasnya hingga hidung si Rusa patah. Seketika itu si Rusa yang sombong itu pun mengaduh dan minta ampun. Si Kura-kura ragu apakah ia harus memaafkan si Rusa  atau  tidak.
Komentar yang tepat terhadap isi kutipan tersebut adalah …
(A) sikap Kura-Kura benar karena Rusa tetap bersikap sombong
(B) sikap Kura-Kura terpuji kalau tidak membalas kesombongan Rusa
(C) sikap Kura-Kura patut dicontoh karena ragu-ragu memaafkan Rusa
(D) sikap Kura-Kura patut dicontoh karena memberikan balasan sikap Rusa

Soal 10
Bacalah teks berikut!
        (1) Irene Sukandar lahir di Jakarta pada tanggal 7 April 1992. (2) Dia adalah Grand  Master Catur Putri Indonesia. (3) Dia telah meraih berbagai macam gelar, baik tingkat nasional maupun internasional. (4) Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
Perbaikan penulisan tanda baca pada kalimat (4) yang tepat adalah …
(A) Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW)
(B) Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW)
(C) Gelar yang berhasil diraihnya, seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW)
(D) Gelar yang berhasil diraihnya, seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW)

Soal 11
Perhatikan kutipan cerita berikut!
       Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkan hpku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan aku hanya bisa terduduk lemas sambil menggigit guling yang ada di genggamanku.
Latar kutipan cerpen tersebut adalah …
(A) tempat duduk
(B) tengah rumah
(C) kamar tidur
(D) kursi beranda

Soal 12
Bacalah teks berikut!
      (1) Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. (2) Namun, ternyata ada juga tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan. (3) Bukan sekadar sebagai penghias, beberapa tumbuhan dalam ruangan ternyata mampu membersihkan udara. (4) Tanaman hias tersebut mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.
Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Soal 13
Bacalah teks berikut!
        Tidak biasa aku berlibur dengan keluarga. Kepergian ini hanyalah karena anak yang hidup di tengah keramaian Jakarta, yang berangkat subuh dan pulang tengah malam dan kantornya. Ada kejenuhan dalam tugasnya yang rutin. Membuat ia mengambil keputusan berlibur ke Bali bersama orang tua. Aku yang biasa masuk kantor dan pulang kantor selama puluhan tahun, kerap kali lupa cuti karena tidak tahu apa yang harus dilakukan waktu cuti. Dan kini, aku duduk di tepi Laut Hindia, menyaksikan ombak memukul-mukul pantai, senja turun ke tepi laut, matahari memerah dan bundar, cahaya keindahan Tuhan sangat mengesankan ratusan orang dan berbagai bangsa terpaku di atas batu-batu.
Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah …
(A) bekerjalah dengan giat untuk mengejar karir
(B) dalam bekerja jangan melupakan orang tua
(C) perlu ada waktu untuk beristirahat
(D) berlibur diperlukan setiap saat

Soal 14
Bacalah teks cerita berikut!
       Berbagai pikiran buruk menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gendongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.
Simpulan akibat dan konflik tersebut adalah …
(A) pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan
(B) pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah
(C) pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah
(D) pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas

Soal 15
Perhatikan kalimat berikut!
     Sistem pekerja Outsourcing yang kini diterapkan banyak perusahaan dinilai menyengsarakan dan merugikan pekerja.
Penulisan kata outsourcing pada kalimat tersebut salah, karena …
(A) kata outsourcing tidak dibenarkan ditulis kapital karena bukan kata serapan
(B) kata outsourcing tidak dibenarkan ditulis kapital karena sudah ditulis miring
(C) kata outsourcing tidak dibenarkan ditulis kapital karena bukan nama orang
(D) kata outsourcing tidak dibenarkan ditulis kapital karena belum ada padanannya

Soal 16
Cermati kalimat berikut!
     Berdasarkan hasil [...] dari berbagai sumber menunjukkan bahwa siswa yang sering menyontek adalah siswa yang jarang masuk ke sekolah.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
(A) penelitian
(B) perbandingan
(C) pertemuan
(D) perkataan

Soal 17
Bacalah teks berikut!
       [...] Pagi itu aku ditunjuk mengikuti  lomba menyanyikan lagu wajib dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Aku mendapat juara pertama dalam lomba tersebut.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
(A) hari itu aku sedih dan bahagia
(B) hari itu aku bangga dan terharu
(C) hari itu aku menyesal mengapa aku ditunjuk
(D) hari itu aku menyesal mengapa aku tidak dapat juara

Soal 18
Perhatikan kalimat berikut!
Situs kerajaan Majapahit terletak di kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto.
Penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
(A) Situs Kerajaan Majapahit terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto
(B) Situs kerajaan Majapahit terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto
(C) Situs kerajaan Majapahit terletak di Kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto
(D) Situs kerajaan majapahit terletak di kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto

Soal 19
Bacalah teks berikut!
      (1) Hari Kemerdekaan ke-17 RI diperingati di pelosok-pelosok Nusantara. (2) Berbagai kegiatan diadakan, seperti panjat pinang. (3) Mereka menganggap kegiatan tersebut menumbuhkan sikap cinta tanah air. (4) Namun, ada yang menganggap bahwa kegiatan itu boros karena menghabiskan banyak uang.
Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Soal 20
Bacalah kalimat berikut!

Banyak buku-buku di perpustakaan itu yang belum dibaca.

Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut salah, karena …

(A) kata ulang buku-buku sudah bermakna banyak
(B) kalimat tidak dapat didahului oleh kata bilangan
(C) kata banyak tidak menunjukkan jumlah yang pasti
(D) kata banyak tidak dapat diletakkan di awal kalimat

Soal 21
Bacalah teks berikut!
Reporter     : “Selamat siang, Pak! Sejak kapan Bapak menekuni usaha rotan ini?”
Wibowo      : “Saya mulai usaha ini belum lama. Baru sekitar enam bulan yang lalu.”
Reporter     : “Lalu, sebelum Bapak menekuni usaha ini, apa usaha Bapak sebelumnya?”
Wibowo      : “Sebelumnya saya berprofesi sebagai penyuplai bahan baku rotan ke berbagai usaha kerajinan di Jawa.”
Reporter     : “Apa Latar belakang Bapak sampai tertarik dengan usaha ini?”
Wibowo      : “Saya tertarik dengan bisnis rotan ini karena prospeknya sangat bagus.”
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
(A) rotan komoditi ekspor yang menjanjikan
(B) Wibowo menekuni bidang rotan sejak lama
(C) pengusaha rotan banyak berkembang setelah enam bulan
(D) Wibowo sudah menekuni usahanya sejak umur enam bulan
Soal 22
Bacalah kalimat berikut!
Ibu Nila Margaretha Direktur Utama PT Grafika meminta sekretarisnya untuk membeli 500 paket alat tulis.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
(A) mencantumkan tanda hubung (-) setelah kata Margaretha dan alat
(B) mencantumkan tanda titik dua (:) setelah kata Grafika dan membeli
(C) mencantumkan tanda koma (,) setelah kata Margaretha dan Grafika
(D) mencantumkan tanda titik koma (;) setelah kata utama dan sekretarisnya

Soal 23
Bacalah teks berikut!
       Haji Agus Salim lahir di Minangkabau. Sumatera Barat, tahun 1884. Agus Salim bersekolah di HBS Jakarta dan tamat tahun 1903. Ia tidak langsung meneruskan pendidikan ke Jenjang yang lebih tinggi Ia seorang pemuda yang tekun. Ia belajar secara otodidak atau belajar sendiri. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Ia menguasai sembilan bahasa asing. Karena keterampilan berbahasanya itulah, akhirnya ia memilih profesi sebagai penerjemah bahasa.
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah …
(A) sebagai penerjemah bahasa
(B) terampil menggunakan bahasa
(C) tekun dan suka belajar otodidak
(D) menguasal sembilan bahasa asing
Soal 24
Bacalah kalimat berikut!
(1) Sesampainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira menyambut kami.
(2) Tepat pukul 07.00 kami berangkat dengan bus.
(3) Minggu, 30 September 2012, kami berkunjung ke Panti Asuhan.
(4) Setelah 60 menit kami dalam perjalanan lalu tibalah di lokasi.
(5) Semua siswa yang ikut, berkumpul di sekolah pukul 06.00.
(6) Setelah pukul 06.30, peserta diberi pengarahan oleh ketua panitia.
Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah …
(A) (3), (1), (4), (5), (6), (2)
(B) (3), (5), (6), (2), (4), (1)
(C) (5), (6), (3), (2), (4), (1)
(D) (5), (2), (4), (6), (1), (3)

Soal 25
Bacalah kalimat berikut!
Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat teks tersebut adalah …
(A) Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW)
(B) Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW)
(C) Gelar yang berhasil diraihnya, seperti : Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW)
(D) Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW)
Soal 26
Bacalah kalimat petunjuk berikut!
Petunjuk Menulis Resensi Buku
(1) Meringkas atau mencatat bagian-bagian penting isi buku.
(2) Mendaftar bagian-bagian yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku.
(3) Mendata buku yang dibaca.
(4) Memadukan rangkuman dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh.
(5) Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.
Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah …
(A) (3), (1), (2), (5), (4)
(B) (3), (1), (4), (2), (5)
(C) (4), (2), (1), (5), (3)
(D) (5), (2), (4), (3), (1)
Soal 27
Petunjuk menggunakan masker:
(1) Cucilah wajah dengan sabun khusus muka!
(2) Bilas sampai bersih dengan air hangat!
(3) Setelah kering oleskan masker di seluruh wajah!
(4) [....]
(5) Bersihkan kembali dengan air hangat!
(6) [....]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk penggunaan masker tersebut adalah …
(A) (4) Biarkan masker mengering! (6) Wajah terlihat berseri dan putih!
(B) (4) Kemudian cuci dengan sabun mandi! (6) Beraktivitaslah sambil menunggu masker mengering!
(C) (4) Segera bersihkan muka dengan handuk kecil! (6) Biarkan masker mengering selama 2 jam!
(D) (4) Biarkan masker mengering selama 2 jam! (6) Kemudian cuci dengan sabun!
Soal 28
Perhatikan fakta berikut!
(1) Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah Rp54 miliar.
(2) Gerakan Kewirausahaan Nasional 2014.
(3) Menarik pelajar untuk menjadi wiraswastawan muda.

Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah …
(A) Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah sebesar Rp54 miliar. Dana ini untuk Gerakan Kewirausahaan Nasional. Bantuan ini diberikan ke sekolah-sekolah sebagai wujud kepedulian pemerintah
(B) gerakan Kewirausahaan sedang digalakkan pemerintah. Sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan. Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah sebesar Rp54 miliar
(C) Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah sebesar Rp54 miliar untuk Gerakan Kewirausahaan Nasional 2014. Bantuan ini diharapkan dapat menarik pelajar untuk menjadi wiraswastawan muda
(D) gerakan Kewirausahaan Nasional 2014 telah berhasil menarik pelajar menjadi wiraswastawan muda. Jumlah dana sebesar Rp54 miliar merupakan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM
Soal 29
Perhatikan kalimat berikut!
Tim futsal SMPN 500 pada bulan Pebruari akan melaksanakan pertandingan persahabatan.
Kata yang salah ejaannya pada kalimat tersebut adalah …
(A) tim
(B) futsal
(C) pebruari
(D) pertandingan
Soal 30
Perhatikan kalimat berikut!
Kami duduk-duduk di bawah pohon kelengkeng. 
Kami asik makan: jambu, belimbing, dan mangga.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat adalah …
(A) penghubung (-)
(B) titik dua (:)
(C) koma (,)
(D) titik (.)

Soal 31
Perhatikan data buku berikut!
Judul          : Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis        : Edi Warsidi
Penerbit      : CV Alibaba, Manokwari
Tahun         : 2010
Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan   : Sampul buku kurang sesuai

Paragraf yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
(A) Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai
(B) Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai
(C) Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwani, tahun 2010 ini cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh
(D) Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari dapat mengurangi daya tarik. Sampul bukunya pun kurang sesuai
Soal 32
Cermatilah kalimat berikut!
Di bengkel Senja abadi, Gorontalo, susah sekali ditemukan kunci Inggris.
Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah …
(A) Di bengkel senja abadi, Gorontalo, susah sekali ditemukan kunci inggris.
(B) Di Bengkel senja abadi, Gorontalo, Susah Sekali ditemukan kunci inggris.
(C) Di bengkel Senja Abadi, Gorontalo, susah sekali ditemukan kunci inggris.
(D) Di Bengkel Senja Abadi, Gorontalo, susah sekali ditemukan kunci inggris.

Video Pembahasan
Soal 33
Perhatikan kalimat berikut!
Peserta Diklat diundang masuk ke ruang yang disiapkan.
Perbaikan kata diundang pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
(A) dimohon
(B) diajak
(C) diperintah
(D) diusahakan
Soal 34
Bacalah teks berikut!
      Jenderal Besar Soedirman, lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupakan salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhamrnadiyah di Cilacap dan giat  di kepanduanHizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah …
(A) seorang guru HIS Muhammadiyah
(B) menjadi jenderal saat usianya 31 tahun
(C) pejuang dan pahlawan Muhammadiyah
(D) pemimpin perang gerilya melawan 7 musuh
Soal 35
Perhatikan kalimat berikut!
Bantuan kepada pengungsi yang dalam bentuk daripada bahan makanan sangat dianjurkan.
Perbaikan kalimat tersebut adalah menghilangkan kata …
(A) yang, daripada
(B) dalam, sangat
(C) bahan, daripada
(D) bentuk, makanan

Soal 36
Bacalah teks berikut!
       (1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.
Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Soal 37
Bacalah teks berikut!
        Kura-kura berhasil melewati garis akhir yang telah ditentukan bersama. Semua hewan yang melihat memberi ucapan selamat atas kemenangannya. Sementara itu, tupai yang sombong itu masih tertinggal jauh di belakang. Kura-kura hanya tersenyum. Dia merasa tidak ada yang istimewa.
Tokoh kura-kura pada kutipan cerita tersebut merupakan simbol dan sifat …
(A) orang yang sederhana, tapi sebenarnya malas
(B) orang yang suka sombong dan acuh tak acuh
(C) orang yang suka berbuat jahat dan jahil pada orang lain
(D) orang yang sederhana dan tidak mau membanggakan diri
Soal 38
Cermati kalimat berikut!

Sistem sanitasi yang baik adalah syarat penting bagi lingkungan.

Makna kata sanitasi pada kalimat di atas adalah …

(A) penyehatan lingkungan fisik 
(B) penyehatan lingkungan keluarga
(C) perbaikan lingkungan fisik
(D) perbaikan lingkungan keluarga
Soal 39
Bacalah kedua teks berikut!
Teks I.
      “Chendy, Chendy, Chendy, bangun, Nak!” teriak Ibu Sulyem, ibunda Chendy dari luar kamar. Ketika tidak ada jawaban Ibu Sulyem masuk dan menggoyangkan badan Chendy. Ibu Sulyem terkejut, “Hah! Badanmu panas sekali. Cepat bangun, kita langsung ke dokter saja.” Seisi rumah menjadi heboh. Ayah, Mahendra, Kakak Chendy, dan Dicki supir keluarga Chendy ikut panik.
Teks II.
       Gunung Marbela sudah lama tidak menunjukkan aktivitasnya. Gunung ini dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitarnya. Selain pemandangannya indah di Gunung Marbela juga tumbuh bunga langka yang hanya tumbuh di Gunung Marbela. Tidak mengherankan saat liburan, banyak wisatawan berkunjung ke sana.
Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah …
(A) Teks I: dimulai dengan lokasi
     Teks II: dimulai dengan aksi
(B) Teks I: dimulai dengan aksi
     Teks II: dimulai dengan lokasi
(C) Teks I: dimulai dengan garis besar masalah
     Teks II: dimulai dengan aksi
(D) Teks I: dimulai dengan lokasi
     Teks II: dimulai dengan garis besar masalah
Soal 40
Perhatikan teks berikut!
        Buku kumpulan puisi berjudul Rumah Penuh Bunga: Kumpulan Puisi untuk Siswa SMP/MTs merupakan jawaban atas kelangkaan antologi puisi untuk anak SMP. [...] Buku kumpulan puisi ini akan membuat pembaca akrab dengan puisi. Sayang kualitas cetakan kurang bagus karena hanya memakai kertas buram.
Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah …
(A) bahasanya mudah dipahami
(B) ceritanya menggunakan alur maju
(C) banyak kata serapan dan bahasa asing
(D) tema yang diangkat seputar kehidupan pesantren

Soal 41
Bacalah teks bekut!
     (1) Secara umum, saya sebagai penanggap, sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. (2) Akan tetapi, alasan-alasan tersebut  perlu dikaji secara akademis. (3) Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab. (4) Untuk itu, para orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi harus mempertimbangkan porsi masing-masing. (5) Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. (6) Penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat nomor …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (4)
(D) (6)
Soal 42
Bacalah teks berikut!
        Rumah itu sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Bahkan, beberapa hari yang lalu dipasang plang akan dijual. Namun, rumah besar dan strategik seperti itu tentu berharga sangat mahal. Hanya orang iseng yang mencoba menghubungi nomor telepon yang di plang itu.
Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya pada teks tersebut adalah …
(A) dijual diganti di jual
(B) strategik diganti strategis
(C) plang diganti pelang
(D) nomor diganti nomer
Soal 43
Perhatikan kalimat berikut!
       Setelah mendapat penjelasan dari Pembina OSIS, akhirnya mereka [...] untuk saling memaafkan.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
(A) bersalaman-bersalaman
(B) salam-salaman
(C) bersalam-salam
(D) bersalam-salaman
Soal 44
Perhatikan teks berikut!
        Penduduk Desa Sukaraja mulai menanam sawah. Merekamenumbuhkan bibit padi karena musim hujan sudah hadir.
Perbaikan kata menanammenumbuhkan, dan hadir adalah …
(A) membajak, menanamkan, ada
(B) membajak, bertanam, ada
(C) membajak, mengolah, sampai
(D) membajak, menanam, tiba
Soal 45
Perhatikan bacaan berikut dengan saksama!
        Penambahan lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan permukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah …
(A) sektor industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infrastruktur
(B) pembangunan kawasan industri membantu pembangunan infrastruktur
(C) dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan
(D) penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan
Soal 46
Bacalah teks berikut!
        Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang ternyata lebih subur dan tahan terhadap penyakit. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat lebih kuat dan sehat. Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga yang lebih sedikit. Selain itu, pupuk kandang mampu menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan gizi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.
Perbaikan istilah gizi yang tepat pada teks tersebut adalah …
(A) nutrisi
(B) vitamin
(C) asupan
(D) kalori
Soal 47
Bacalah teks berikut!
       Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Eropa. Ternyata, ada beberapa menu wajib yang dibawa oleh Evan Dimas dan kawan-kawan ke salah satu negara benua biru tersebut. Kecap jadi “barang” yang wajib dibawa. Kecap sebagai periyedap makanan aman untuk dikonsumsi Timnas U-19.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
(A) jadwal pemusatan latihan Timnas U-19 di Indonesia
(B) persiapan yang dibawa Evan Dimas dan kawan-kawan
(C) kecap adalah makanan kesukaan seluruh Timnas U-19
(D) Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan latihan di Eropa
Soal 48
Bacalah kedua teks berikut!
Teks I.
    Minggu dini hari, gempa berkekuatan 6,0 SR melanda California. Gempa ini menyebabkan tiga orang terluka. Paginya korban dapat dievakuasi. Siang hari bantuan tiba di lokasi. Hingga malam penanganan korban terus dilakukan.
Teks II.
     Kota Johannesburg, Afrika Selatan, diguncang gempa dengan kekuatan 5,3 SR. Pusat gempa berada di Kota Orkney yang berjarak 170 kilometer dan Johannesburg. Sebuah gedung kosong runtuh dan menimpa korban.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …
(A) Teks I : urutan peristiwa
     Teks II: urutan waktu
(B) Teks I : urutan umum-khusus
     Teks II: urutan khusus-umum
(C) Teks I : urutan waktu
     Teks II: urutan tempat
(D) Teks I : urutan sebab-akibat
     Teks II: urutan akibat-sebab
Soal 49
Bacalah teks berikut!
       Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan, warga sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya.
     Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkungan yang bersih sekolah terbebas dari berbagai penyakit. Penyakit berat mau pun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.
Ringkasan teks tersebut adalah …
(A) kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat
(B) kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman
(C) kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan dan kesehatan seluruh warga sekolah
(D) kebersihan warga sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan keberhasilan warga sekolah
Soal 50
Bacalah teks berikut!
      (1) Dampak yang dihasilkan oleh sampah sangatlah banyak. (2) Sampah dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor. (3) Selain itu, sampah dapat menjadi sumber penyakit. (4) Kita menginginkan kesejahteraan. (5) Oleh  karena itu, sampah seharusnva diolah menjadi kompos.
Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah …
(A) menghilangkan kalimat (4)
(B) menghilangkan kalimat (5)
(C) mengganti diolah dengan dikemas
(D) mengganti selain itu dengan kecuali itu


Sekian ya. Pada artikel kali ini, Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya... Thanks..


Sekian dulu untuk artikel SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP / MTS dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/08/soal-latihan-un-bahasa-indonesia-kelas.html


EmoticonEmoticon