IPA KIMIA KELAS IX : MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN

IPA KIMIA KELAS IX : MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul IPA KIMIA KELAS IX : MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


IPA KIMIA KELAS IX : MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN

Hai Sobat InovStudy! Apa kabar?? Baik baik ya pastinya :-). Oke, pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN. Oke, Langsung aja simak artikel berikut ya Sobat,,..


Ø  Molekul, merupakan gabungan dari dua atom atau lebih.

Ø  Molekul ada dua macam yaitu molekul unsur dan molekul senyawa.

  1. Molekul Unsur : gabungan dari dua atom atau lebih dari atom atom yang sama.( H2 N2 O2 dsb). Jika terdiri dari tiga atom disebut triaatomik. Contoh Ozon ( O3 ), yang empat atom disebut molekul tetraatomik. Contoh Fosforus (P4 ). Yang delapan atom disebut molekul oktaatomik. Contoh Belerang (S8). Secara umum molekul unsur yang lebin dari 3 atom disebut molekul poliatomik.

  1. Molekul Senyawa gabungan dari dua atom atau lebih dari atom yang bebeda.(air/H2O,asam arang / CO2, asam sulfat/H2SO4, kapur/CaCO3, asam nitrat/HNO3, urea/CO(NH2)2, garam dapur/NaCl).
#Molekul senyawa ada 2 macam :
  1. Senyawa ionik yaitu senyawa yang dapat menghasilkan senyawa ion. Contoh; H2SO4, CH3COOH, HCl, KCl, NaCl dsb. Karena  senyawa ini dapat bereaksi menjadi ion ( H+, K+, Na+, SO4-2 , OH-, Cl-).
  2. Senyawa ion yaitu gabungan dua atom atau lebih yang bermuatan listrik. Contoh SO4-2 , OH- ,CH3 COO-  dsb.  
 #Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Bahan pembersih:
  1. Sabun, dibuat dengan cara mereaksikan lemak/minyak hewan atau tumbuhan dengan soda api natrium hidroksida/NaOH, atau kalium hidroksida/KOH). Jika minyak dengan NaOH menjadi sabun cuci (keras) sedang dengan KOH menjadi sabun mandi (lunak). Oleh karena itu sabun bersifat basa.
  2. Deterjen, bahan utamanya ; surfaktan berfungsi untuk meningkatkan daya pembasah air sehingga kotoran yang berlemak dapat dibasahi. Deterjen juga mengandug builder. (Builder berfungsi untuk meningkatkan efisiensi surfaktan)Air yang mengandung ion Mg dan ion Ca menjadi air Sadah.
  1. Bahan pembersih lainnya. Misal pembersih kaca, lantai, kayu, karet, keramik dsb. Sesuai dengan fungsinya maka tiap bahan pembersih mempunyai komposisi yang berbeda-beda.
  1. Bahan pemutih. Pemutih yang sering digunakan yaitu pemutih kulit dan pemutih pakaian.
       Pemutih pakaian mengandung natrium hipoklorit /NaClO 5,25%. Jangan mencampur pemutih            dengan Deterjen karena dapat menghasilkan gas beracun yaitu Klorin (Cl2 )

  1. Bahan Pewangi, dari minyak yang mudah menguap (volatil) dengan bau tertentu.
Bahan pewangi ada 3 macam :

  1. Alami dari hasil destilasi atau ekstraksi dari tumbuhan atau organ hewan.
  2. Pewangi sintetik pewangi buatan bahan bahan kimia sebagai duplikasi dari pewangi alami.
  1. Pewangi inovatif kobinasi antar pewangi alami dan pewangi sintetik yang bersifat tertentu/has.
Pewangi sintetik dibuat dengan 3 macam:

  1. Bahan berbeda tetapi memiliki aroma yang sama dengan pewangi alami.
  2. Bahan yang memiliki aroma bau yang tidak dijumpai di alam.
  3. Bahan yang kompleks dan memiliki aroma bau yang kompleks pula.
  1. Bahan pembasmi serangga (Insectisida).
  1. Efek samping penggunaan bahan kimia.
#Secara umum penggunaan bahan kimia berlebihan sangat membahayan dan mencemari lingkungan. Efek negatif penggunaan bahan kimia dapat ditekan dengan cara sbb:
  1. Gunakan sesuai dengan aturan dalam kemasan.
  2. Gunakan sekedarnya jangan berlebihan.
  3. Pilih bahan kimia yang mudah terurai.
  4. Bila menyemprot, ikuti arah angin.
  5. Usahakan untuk mendaur ulang bahan/barang.                                                                                
 OKE, Sekian untuk artikel kali ini. Semoga Bermanfaat bagi saya dan Kalian Semua Sob. 
THANKS



Sekian dulu untuk artikel IPA KIMIA KELAS IX : MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel IPA KIMIA KELAS IX : MOLEKUL DAN BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/08/ipa-kimia-kelas-ix-molekul-dan-bahan.html


EmoticonEmoticon