Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang

Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang

Hasil gambar untuk kentang listrik

Selamat Siang Sobat InovStudy. Pada kesempatan kali ini saya akan share artikel, Yaitu Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang.

Cara Membuat Baterai Dari Kentang-Percaya gak kalo di alam ini sebenarnya memiliki banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari, ini adalah percobaan fisika tentang kelistrikan yang dapat dicoba di rumah, tenang.. gak bakalan kesetrum kok...

Bagaimana sih cara membuatnya? Apa benar menghasilkan listrik? Yuk kita simak...

#Persiapkan Alat dan Bahannya: 


  • Kentang (disini kita pakai kentang, tapi kalian menggunakan lemon atau buah lainnya jika tertarik)
  • Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa)
  • Kabel
  • Penjepit buaya
  • Lempengan tembaga
  • Lempengan seng
  • Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam

#Langkah Pembuatan

1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili / senti (jangan disatukan).
2. Jepitkan kabel kepada masing-masing lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
3. Lihat nyala lampu yang terjadi.
4. Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik, namun jika tidak nyala juga maka silahkan tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar (lihat pada gambar).

#Untuk Kentang yang lebih dari satu, sambungkan :

- Lempeng tembaga kentang 1 ke lampu (+)
- Lempeng seng kentang 1 ke lempeng tembaga kentang 2
- Lempeng seng kentang 2 ke lempeng tembaga kentang 3
- dan begitu seterusnya, hingga lempeng seng terakhir sambungkan ke lampu (-).

#Penjelasan Konsep

Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logam-logam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh akren aitu, susunan seperti ini disebur elemen galvani, karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter Itali bernama Galvani.


Sekian dulu untuk artikel Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Baterai Alami Dari Kentang dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/08/cara-membuat-baterai-alami-dari-kentang.html


EmoticonEmoticon