8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia.

8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia. - Hallo sahabat INOVSTUDY | SITUS BELAJAR ONLINE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPA, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia.

Apa kabar Sobat inovstudy, Pada kesempatan Kali ini saya akan share artikel ttg  8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia. Pertama tahukah kalian apa itu air?
AIr adalah sumber kehidupan. Jika tidak air, kita akan mengalami kekeringan hingga akhirnya menyebabkan kematian. Air sangat berguna untuk kita dalam melangsungkan kehidupan. Bayangkan saja, tanpa air kita tidak bisa minum, mandi, memasak bahkan tumbuhanpun akan layu. Dan Tahukah kalian apa fungsi air itu?
Air memiliki sifat-sifat yang bermacam-macam. Selain memiliki sifat air juga memiliki kegunaan dan tenaga. Ketahui yuk, sifat-sifat, kegunaan dan tenaga air untuk kehidupan kita. Air memiliki sifat yang beragam sesuai dengan ruang, permukaannya dan selalu berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Adapun Sifat dan Kegunaan Air, yaitu:

APA SAJA SIFAT DAN KEGUNAAN AIR BAGI KEHIDUPAN MANUSIA?

1. Air menempati ruang dan mempunyai beratAir bersifat cair yang dapat ditempatkan didalam cangkir, botol, piring dan ditempat mana saja yang memiliki ruang tertentu. Sebagai contoh, ambillah sebuah gelas lalu masukkan air kedalamnya kemudian letakkan diatas meja. Lalu apa yang terjadi? Air akan berbentuk sesuai ruang tempatnya.

Pada waktu kita memasukkan air kedalam gelas, akan terasa berat dibandingkan sebelum diisi dengan air. Jadi, air memiliki sifat menempati ruang dan berat.

2. Permukaan air yang tenang akan selalu datar
Pernahkah kamu melihat air kolam atau air telaga? Bagaimana keadaan permukaan airnya? Jika kamu amati permukaan dari air tersebut selalu datar dan tenang.

Jelas bahwa sifat air selalu mendatar. Seringkali sifat ini digunakan untuk mengukur atau menyamakn tinggi sesuatu yang akan dibuat. Mengukur tinggi tembok misalnya.

3. Air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah


Secara logika, air tidak bisa mengalir dari tempat rendah ke tempat tinggi, bener bukan? Cobalah buktikan melalui percobaan berikut: Ambillah setembok air, lalu tuangkan air tersebut kelantai. Bagaimana gerak air dilantai? Tentunya akan mengalir ketempat yang lebih rendah.

Dari percobaan diatas membuktikan bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah. Dari sifat tersebut, air dapat dimanfaatkan sebagai alat penentu tinggi rendah suatu tempat yang disebut Waterpas.

4. Air dapat melarutkan berbagai zat
Zat seperti gula, garam, sabun cuci dan vitsin (penyedap makanan) akan larut dalam air. Apalagi zat tersebut dimasukkan kedalam air yang panas, maka akan lebih mudah larut. Misalnya dalam memasak sayur, akan diberikan garam dan vitsin. Garam dan vitsin tersebut akan larut dalam air sayur. Masakanpun akan terasa enak dan sedap.

Akan tetapi ada juga zat yang tidak larut dalam air. Misalnya minyak, kapur sirih, lilin dan sebagainya.

5. Air Menekan kesegala arah
Untuk membuktikan air memiliki tekanan kesegala arah. Cobalah kamu amati air dalam bak mandi yang ada dirumahmu. Air dalam bak mandi menekan keseluruh dinding bak mandi.

Kemudian saat kamu menyiram tumbuhan, tekanlah air yang kamu tumpahkan tersebut dengan tanganmu. Maka tekanan air tersebut akan terasa pada tanganmu. Jelas bahwa air dapat menekan kesehala arah.

6. Air meresap melalui celah-celah kecil

Perambatan pada zat cair melalui celah-celah kecil disebut dengan daya kapiler.

Seperti contoh, lampu kaleng yang diisi dengan minyak tanah akan menyala melalui sumbu. Sumbu tersebut meresap minyak tanah sehingga lampu kaleng dapat menyala.

7. Air dapat merubah wujud


Air dapat berubah wujud padat, cair, dan gas. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut mencair. Dari zat cair menjadi benda padat disebut membeku.

Perubahan wujud dari cair menjadi gas disebut menguap. Sedangkan perubahan wujud gas menjadi zat padat disebut menyublim.

8. Air yang bergerak dapat digunakan untuk Pembangkit Tenaga Listrik


Air adalah sumber kekayaan alam yang tidak pernah habis. Tergantung bagaimana cara kamu memanfaatkannya. Air dapat dimanfaatkan/digunakan untuk pengairan, pembangkit tenaga listrik dan pengangkutan.
°°°
Jadi, Kalian sudah taukan apa fungsi dan kegunaan air bagi kehidupan manusia. Baiklah, sekian artikel pada kesempatan Kali ini. Semoga bermanfaat Ya bagi kalian semuanya. Thanks...


Sekian dulu untuk artikel 8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia. kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 8 Sifat-Sifat dan Kegunaan Air Bagi Manusia. dengan alamat link http://www.inovstudy.com/2017/08/8-sifat-sifat-dan-kegunaan-air-bagi_30.html


EmoticonEmoticon